Kelamin Ganda

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Kelamin ganda harus dioperasi atau tidak dok? jika tidak dioperasi sama sekali apakah ada komplikasi atau penyakit baru dari hal tersebut?

29 Jul 2019, 09:22 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kondisi kesehatan Anda ini sangat kompleks dan memang sebaiknya ditangani secara khusus dengan informasi yang lengkap. Untuk dapat menjawab pertanyaan Anda perlu diketahui terlebih dahulu saat ini kondisi kromosom Anda dan organ reproduksi apa yang memang dimiliki dan berkembang dengan baik. Hal ini diperlukan karena terdapat banyak sekali variasi kondisi medis yang dapat menyebabkan kelamin ganda.

Perlu diketahui terlebih dahulu kondisi yang sebenarnya terjadi untuk mengetahui penanganan yang tepat. Jika kondisinya adalah kelamin ganda, bagaimana kondisi organ kelamin yang mewakili wanita?  Hal-hal tersebut perlu dijawab lewat pemeriksaan langsung dan juga didiskusikan bersama antara dokter dan pasien untuk menentukan keputusan medis yang tepat. Mengenai biaya sayang sekali kami tidak dapat memberikan informasi terkait dengan bervariasi nya biaya pada masing-masing fasilitas kesehatan. Ada baiknya Anda bisa menanyakan langsung saat nanti melakukan konsultasi secara langsung.

Untuk itu, kami sangat sarankan agar Anda dapat terus berkonsultasi dan berdiskusi dengan dokter untuk mengetahui penanganan dan kondisi yang memang oleh Anda diharapkan di masa depan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

29 Jul 2019, 09:22 WIB