BAB Sering Pada Anak

Info Penanya, wanita 22 Tahun

dok anak saya umur 6bulan, pertama kali makan bubur cerelac pisang dan setelah makan langsug BAB, BABnya sehari semalam itu bisa sampai 6kali, tapi anak saya tetap aktif. anak saya tidak cocok sama cerelac pisang atau emang biasa masalah seperti itu dok karna masih pertama kali ? terimakasih

29 Jul 2019, 09:22 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah bertanya seputar BAB sering pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin bertanya berapakah usia anak Anda? Apakah di bawah 6 bulan atau lebih?

Bayi yang masih di bawah 6 bulan dan minum ASI Eksklusif, BABnya memang sering, sekitar 4-6 kali sehari. Ketika sudah mulai MPASI, frekuensi ini bisa berkurang hingga 3-4 kali sehari.

Setelah berusia 1 tahun, frekuensi BAB makin berkurang hingga 1-2 kali sehari. Setelah itu, frekuensi BAB seperti orang dewasa yang rata-rata 1 kali sehari. Frekuensi BAB masih dianggap normal bila terjadi 3 kali sehari hingga 3 hari sekali.

Selama BAB tidak cair, tidak berlendir, perut tidak kembung, berat badan terus bertambah dan anak aktif, frekuensi BAB anak Anda yang 4 kali sehari bisa dianggap normal.

Bila ini mencemaskan Anda, dapat Anda konsultasikan pula dengan dokter anak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar BAB sering pada anak. Semoga bermanfaat.

29 Jul 2019, 09:22 WIB