menjaga kualitas sperma

Info Penanya, pria 31 Tahun

dok, bagaimana agar cairan sperma bisa banyak?

30 Jul 2019, 12:42 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar cara menjaga kualitas sperma melalui fitur Tanya Dokter.

Seorang pria dikatakan subur jika dalam sekali ejakulasi, cairan yang keluar mengandung semen dengan jumlah minimal sperma 15 juta per milimeter. Jika kurang dari angka tersebut, pembuahan akan sulit terjadi karena kandidat sperma yang dapat membuahi ovum (sel terlur) terlalu sedikit.

Langkah-langkah sederhana di bawah ini bisa Anda catat dan dijadikan panduan untuk menjaga dan meningkatkan produksi sperma yang berkualitas.

  • Menjaga berat badan ideal. Penelitian membuktikan bahwa meningkatnya indeks massa tubuh berkaitan dengan menurunnya jumlah serta pergerakan sperma.
  • Menerapkan diet sehat. Pilihlah variasi buah dan sayuran, yang kaya akan antioksidan dan dapat memperbaiki kualitas sperma. Konsumsi suplemen zink dapat meningkatkan jumlah testosteron dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pada pria dengan kadar zink yang rendah.
  • Mencegah infeksi menular seksual. Infeksi seperti chlamydia dan gonore dapat menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Oleh karena itu, setialah pada satu pasangan, atau gunakan kondom setiap berhubungan seksual.
  • Atur tingkat stres. Penurunan fungsi seksual juga berkaitan dengan stres serta terganggunya hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang mana ini dapat menurunkan kadar testosteron.
  • Bergeraklah. Aktivitas fisik intensitas sedang dapat meningkatkan enzim antioksidan yang dapat melindungi sperma. Pria yang berolahraga rutin memiliki kadar testosteron yang lebihi tinggi serta kualitas semen yang lebih baik dibandingkan pria yang kurang aktif.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat. 

30 Jul 2019, 12:42 WIB