Pentingnya Imunisasi

Info Penanya, pria 27 Tahun

Assalamualaikum dokter, saya ingin bertanya soal imunisasi. Benarkah imunisasi itu aman dan bermanfaat bagi kesehatan? Soalnya ada kabar beredar di media sosial, katanya imunisasi itu sebenarnya malah tidak bagus karena mengandung bahan berbahaya. Mohon pencerahannya Dokter, terimakasih.

30 Jul 2019, 23:28 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Imunisasi adalah hak setiap anak. Salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh orangtua pada anak adalah imunisasi. Dengan imunisasi, anak akan terhindar dari penyakit infeksi berbahaya, sehingga ia akan memiliki kesempatan untuk beraktivitas, bermain, dan belajar.

Manfaat utama dari imunisasi adalah menurunkan angka kejadian penyakit, kecacatan, maupun kematian akibat penyakit-penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi. Mengapa membiarkan nyawa anak terancam akibat suatu penyakit, bila kita bisa mencegahnya dengan imunisasi?

Imunisasi tidak hanya memberikan perlindungan pada individu melainkan juga pada komunitas, terutama untuk penyakit yang ditularkan melalui manusia (person-to-person).

Misalnya, jika suatu komunitas memiliki angka cakupan imunisasi yang tinggi, komunitas tersebut memiliki imunitas yang tinggi pula. Kemungkinan terjadinya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi pun rendah. 

Imunisasi juga bermanfaat mencegah penyakit epidemi pada generasi yang akan datang. Cakupan imunisasi yang rendah pada generasi sekarang dapat menyebabkan penyakit semakin meluas pada generasi yang akan datang, bahkan dapat menyebabkan epidemi. Selain itu, imunisasi dapat menghemat biaya kesehatan. Dengan menurunnya angka kejadian penyakit, biaya kesehatan yang digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut pun akan berkurang.

Jangan sampai terjebak akan rumor yang mengatakan bahwa vaksinasi menyebabkan autisme. Itu adalah pernyataan tidak bertanggungjawab dan sarat kepentingan pribadi, dan dikeluarkan bukan atas penelitian yang valid. Bahkan orang yang mengeluarkan pernyataan tersebut sudah ditangkap pihak yang berwajib karena menyebarkan berita bohong. Karena, memang vaksin tidak berkaitan dengan autisme.

Seperti obat yang biasa Anda minum sehari-hari, tentu saja semua hal memiliki efek samping. Pasca imunisasi bisa muncul efek samping, misalnya demam (tersering). Namun bukan berarti hal itu buruk. Demam merupakan reaksi yang terjadi pada tubuh saat diberikan vaksinasi dan sifatnya hanya sebentar (demam segera hilang). Memang ada kemungkinan terjadinya efek samping yang lebih berat namun hal itu jarang dan angka kemungkinan terjadinya sangat kecil.

Keuntungan yang diperoleh orangtua dan masyarakat Indonesia dari pemberian vaksinasi jauh lebih besar dan meyakinkan daripada efek samping imunisasi. Maka, jangan ragu dalam memberikan imunisisasi pada anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

30 Jul 2019, 23:28 WIB