Lasik untuk Mata Minus

Info Penanya, wanita 23 Tahun

apakah saya yang menderita miopia dan sekarang memakai kacamata min 2 tetapi jarang-jarang dipakainya, apakah bisa menjalani lasik? terima kasih.

30 Jul 2019, 12:52 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Lasik untuk Mata Minus melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Batas maksimum koreksi kelainan mata minus melalui lasik sangat dipengaruhi oleh ketebalan kornea seseorang. Oleh sebab itu, prosedur ini umumnya ditujukan untuk orang dengan mata minus ukuran maksimum -10.00 sampai -12.00 D. Untuk mata -2D, lasik bisa dilakukan.

Jika ukuran mata minus lebih dari -10.00 sampai -12.00 D, lasik tidak bisa dilakukan, karena akan mengikis kornea terlalu banyak. Pada kasus ini, dokter mata biasanya memilih untuk melakukan prosedur tanam lensa atau disebut phakic intraocular lenses (PIOLs). Prosedur ini dapat memberikan koreksi total seperti lasik, sehingga seseorang tidak lagi membutuhkan kacamata atau lensa kontak.

Secara umum, seseorang disebut kandidat lasik yang baik apabila ukuran kacamata tidak berubah lebih dari 0.50 D dalam dua tahun terakhir, serta berusia di atas 18 tahun. Pada usia tersebut, ukuran bola mata dan kelainan refraksi tidak banyak berubah.

Lasik tidak cocok untuk individu yang memiliki kelainan mata seperti katarak, atau kelainan lainnya pada bagian mata depan. Ibu hamil dan menyusui juga tidak bisa menjalani lasik karena derajat kelainan refraksi, ukuran mata minus misalnya, bisa berubah-ubah selama periode tersebut.

Bila ingin melakukan lasik, Anda perlu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda merupakan kandidat yang cocok. Tanyakan pula hal-hal detail seputar prosedur, risiko, dan perawatan usai operasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Lasik untuk Mata Minus. Semoga bermanfaat.

30 Jul 2019, 12:52 WIB