Kista Hati

Info Penanya, wanita 42 Tahun

Bagaimana cara mengatasi kista di hati, apa ada obat biar tidak tambah membesar

30 Jul 2019, 12:52 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Kista Hati melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya akan berikan beberapa pendahuluan mengenai kista hati. Kista di hati dapat terdiri atas kista sederhana (simple cyst), kista multipel, Polycystic liver disease (PCLD), kista parasit atau hydatid cyst, tumor kistik, dan abses hati. Umumnya penyakit-penyakit ini dibedakan berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan radiologis. Mungkin anda dapat menanyakan ke dokter yang bersangkutan, jenis apakah kista hati yang bayinda alami?

Hal ini disebabkan karena terapi antara masing-masing penyebab tersebut berbeda-beda. Kista sederhana dan PCLD kemungkinan disebabkan oleh gangguan kongenital atau bawaan. Tumor kistik merupakan hepatoma (kanker hati) yang terkadang memang agak sulit dibedakan dengan kista pada hati. Kista hidatid adalah kista yang disebabkan oleh parasit Echinococcus granulosus. Umumnya parasit ini ditemukan di daerah peternakan. Abses hati dapat disebabkan oleh amuba atau bakteri.

Terapi yang dilakukan dapat berupa terapi medikamentosa (obat-obatan) ataupun terapi operasi dimana kista hati tersebut diangkat. Saya sarankan anda banyak berkonsultasi ke dokter yang merawat anda untuk mengevaluasi lebih lanjut penyebab kista ini dan terapi apa yang sebaiknya dilakukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Kista Hati. Semoga bermanfaat.

30 Jul 2019, 12:52 WIB