Nyeri Pasca Terjatuh

Info Penanya, pria 68 Tahun

Ibu saya (90 thn), jatuh terduduk. Sdh di MRI dan Rontgen. Menurut dokter, ada ruas di tlg blkgnya yang tertekan, tdk patah. Efeknya, sakit sekali waktu duduk. Sdh dibelikan penyangga di punggungnya atas saran dokter, tapi tdk bisa bantu juga. Tetap sakit waktu duduk. Kalau miring kiri/kanan, bisa. Apa saran dokter?. Terima kasih.

01 Aug 2019, 11:33 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pasca terjatuh melalui fitur TanyaDokter di Klikdokter.com

Halo!

Jika memang kondisi sangat nyeri saat duduk, sebaiknya hindari dulu posisi duduk atau batasi posisi duduk. Misalnya, duduk hanya saat makan. Anda dapat mencoba memberikan bantalan empuk saat duduk. Jika nyeri berlebihan, dapat mengkonsumsi obat anti nyeri.

Yang juga penting diperhatikan adalah pencegahan agar tidak terjatuh lagi. Misalnya memberikan penerangan yang baik di seluruh ruangan, memasang pegangan pada dinding, memastikan ada orang yang menemani jika ibu anda ingin berpindah posisi, dsb.

Saran yang dapat kami berikan hanyalah saran umum, mengingat keterbatasan kami mengetahui kondisi ibu anda. Jika keluhan dirasa sangat menganggu, kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi kembali kepada dokter yang menangani ibu anda.

Demikian informasi seputar nyeri pasca terjatuh yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

01 Aug 2019, 11:33 WIB