Gatal dan Beruntusan Setelah Pakai Krim Kecantikan

Info Penanya, wanita 22 Tahun

saya mau bertanya, saya baru saja lepas krim dokter nah setelah itu malah muncul beruntusan dan gatal. lalu saya memakai krim dari madagascar centella asiatica, tapi masih merasa gatal dan juga beruntusan. jadi lebih baik saya melanjutkan memakai krim tersebut atau bagaimana ya ?

01 Aug 2019, 13:14 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya mengenai gatal dan beruntusan setelah pakai krim kecantikan melalui fitur Tanya Dokter. 

Bila setelah pemakaian suatu bentuk produk perawatan wajah timbul kemerahan, gatal, panas, perih, atau kulit cenderung berbintil-bintil bahkan berjerawat, hal tersebut menandakan bahwa terdapat alergi terhadap bahan yang digunakan dalam produk kecantikan tersebut. Hentikanlah pemakaian produk yang menyebabkan wajah Anda memberikan gejala tersebut. Gantilah produk lain yang berbahan lembut, cocok dengan kulit anda, berlabel 'non-komedogenik' dan 'non perfumed', kaya akan pelembab, memiliki spf minimal 30.

Berikut adalah tips untuk menjaga dan merawat kulit Anda:

Usahakan Wajah Selalu Bersih Entah Anda memliki kondisi jerawat atau tidak sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan wajah anda. Bersihkan wajah Anda 2 kali dalam sehari untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit. Disarankan mencuci muka dua kali dalam sehari. Gunakan air hangat bukan panas dan pembersih wajah. Gunakan sabun yang lembut oleh karena sabun keras dapat membuat radang dan memperberat jerawat. pH sabun yang baik adalah sekitar 5,5, bila sabun terlalu basa akan menyebabkan kulit mengering. Hindari mengusap wajah terlalu keras, bersihkan wajah secara lembut dan perlahan. Hati-hati Pengunaan Produk Di RambutHindari penggunaan minyak wangi, minyak, atau gel di rambut saat Anda sedang berjerawat. Gunakan shampoo dan conditioner yang lembut oleh karena rambut berminyak dapat menambah kandungan minyak ke wajah.  Jangan Menyentuh WajahHindari menyentuh kulit wajah anda saat sedang berjerawat. Menyentuh wajah bukan hanya dapat menyebarkan bakteri karena dapat semakin mengiritasi wajah saat kulit Anda sedang sensitif. Hindari Sinar Matahari Sinar ultraviolet dapat meningkatkan proses peradangan an kemerahan. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya bila terpapar dengan matahari.Berikan Nutrisi Ke Kulit Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi makanan yang tinggi akan lemak.Olahraga Olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Ingat untuk mandi setelah berolahraga. Hindari stres psikologisBeberapa studi mengaitkan pertumbuhan jerawat dengan kondisi stres. Oleh karena itu hindari stres dan nikmati hidup!Untuk mengatasi banyaknya jerawat dan bekas jerawat, dapat ditangani dengan menggunakan krim vitamin A yang dapat anda peroleh bila berobat ke dokter kulit.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

01 Aug 2019, 13:14 WIB