Tiba-tiba Susah Berbicara

Info Penanya, pria 23 Tahun

Dok, ibu saya tiba2 mengalami rasa dingin dr dalam tubuh nya, lalu ibu saya kesusahan bicara seperti lidahnya menjadi pendek. Gejala penyakit apa yg di alami ibu saya? Terimakasih

06 Aug 2019, 13:44 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Beberapa hal dapat mendasari kondisi ibu Anda. Apakah ada riwayat hipertensi? Apakah ada riwayat sakit diabetes melitus? Sebab, gejala yang dialami oleh ibu Anda kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit stroke. Apakah dulu juga pernah mengalami stroke? 

Tentu saja untuk memastikannya perlu sekali dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Namun, kami perlu menjelaskan kondisi sulit berbicara/ bicara pelo pada penderita stroke.

Gangguan bicara merupakan salah satu gejala awal stroke. Jenis gangguan bicara yang terjadi bergantung dengan area lokasi stroke terjadi di otak dan seberapa besar kerusakan yang terjadi. Sebagian besar pasien yang mengalami stroke sering kali mengalami keluhan bicara pelo, sehingga pengucapan kalimat menjadi tidak jelas dan orang lain menjadi sulit memahaminya. Keluhan ini tentunya sangat mengganggu karena dapat menetap selama beberapa waktu setelah stroke.

Penyebab bicara peloBicara pelo disebabkan oleh kelemahan otot-otot yang berperan penting dalam berbicara seperti otot bibir, lidah, dan rongga mulut. Kelemahan otot tersebut disebabkan oleh adanya gangguan aliran darah ke otak yang menyebabkan terkenanya bagian pengontrol gerakan otot rongga mulut di otak.

Bicara pelo akibat kelemahan otot dapat membaik dalam beberapa hari atau minggu, tapi dapat pula menetap. Disartria merupakan komplikasi stroke yang memiliki gejala bicara pelo. Diasartria dapat membuat artikulasi menjadi tidak jelas, memengaruhi kualitas dan kekerasan suara, serta kemampuan berbicara secara normal dengan intonasi normal. Bicara pelo yang menetap dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan membuat rasa tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya.

Bila memang benar terjadi sulit berbicara akibat stroke, beberapa penanganan bisa dilakukan, salah satunya terapi wicara. Terapi wicara dapat membantu penderita stroke untuk dapat kembali berbicara normal dan memperbaiki komunikasi. Terapi wicara bertujuan untuk menyesuaikan laju percakapan (tidak terlalu lambat atau terlalu cepat), memperkuat otot-otot yang diperlukan untuk bicara, meningkatkan support saat bernapas, memperbaiki artikulasi, dan membantu keluarga untuk dapat berkomunikasi dengan pasien stroke. Untuk itu, sebaiknya Anda memeriksakan ibu Anda pada dokter saraf untuk dipastikan apakah benar stroke atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

06 Aug 2019, 13:44 WIB