Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Info Penanya, wanita 20 Tahun

permisi mau nanya dok, rematik sama asam urat/gout beda kan dok? kalo asam urat tuh bagian dari rematik bukan? d beberapa sumber saya lihat rematik tu peyakit sendi secara umum yg terbagi jadi ra, oa, asam urat, dll, di sumber lain bilang rematik yg sering diartikan masyarakat itu asam urat, ada yg bilang rematik itu ra (rheumaoid arthritis), saya jadi bngung, mohon pencerahannya dok. thank u

07 Aug 2019, 09:07 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang perbedaan asam urat dan rematik melalui fitur Tanya Dokter. 

Penyakit asam urat, atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis di mana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Kristal asam urat yang berlebih menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan peradangan pada persendian. Salah satu sendi yang paling sering terkena adalah sendi jempol kaki.

Gejala dari penyakit asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba dan paling sering pada malam hari. Gejalanya yang paling khas adalah nyeri sendi yang intens.

Selain menyerang sendi jempol kaki, penyakit asam urat juga sering mengenai sendi pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari tangan. Perlu diingat juga, jika seluruh sendi di tubuh dapat terserang.

Rasa sakit penyakit asam urat yang terasa sangat intens dapat sangat mengganggu aktivitas. Bahkan, setelah rasa sakit yang paling parah mereda, pasien tetap dapat merasakan adanya gangguan gerak pada sendi yang dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu.

Serangan selanjutnya cenderung berlangsung lebih lama dan memengaruhi lebih banyak persendian. Penyakit ini juga ditandai dengan sendi yang meradang dan berwarna kemerahan. Saat asam urat menyerang, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan sendi secara normal.

Pengobatan dari penyakit ini adalah dengan pemberian obat untuk menurunkan rasa nyeri dan peradangan. Selain itu, jika kadar asam urat pasien masih tinggi, penggunaan obat penurun asam urat juga diperlukan.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat baca artikel berikut:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam 

07 Aug 2019, 09:07 WIB