Mata Kabur Setelah Terkena Bola

Info Penanya, pria 16 Tahun

kemarin saya terkena bola dibagian mata kanan ,lalu pandangan terlihat kabur dibagian mata kanan ,sampai sekarang masih agak kabur , adakah cara alami menyembuhkannya dok?

07 Aug 2019, 09:07 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Trauma pada mata yang diakibatkan benda dengan ujung tumpul, dimana benda tersebut dapat mengenai mata dengan kencang atau lambat sehingga terjadi kerusakan pada jaringan bola mata atau daerah sekitarnya.

Kerusakan yang dapat terjadi, diantaranya;

Hematoma KelopakMemar pada kelopak mata, merupakan pembengkakan atau penibunan darah di bawah kulit kelopak akibat pecahnya pembuluh darah palpebra.

Edema konjungtivaSelaput Putih pada mata yang bersifal lendir dapat menjadi bengkak pada setiap kelainan termasuk akibat trauma tumpul. Pada keadaan yang berat dapat pembengkakan dapat terjadi hingga menutupi kornea, sehingga timbul keluhan mata buram.

Hematoma subkonjungtivaHematoma subkonjungtiva atau perdarahan dibawah selaput putih mata terjadi akibat pecahnya pembuluh darah yang terdapat dibawah konjungtiva.

Edema korneaKornea yang bengkak  dapat meberikan keluhan berupa penglihatan kabur dan terlihatnya pelangi sekitar bola lampu atau sumber cahaya yang dilihat.

Erosi korneaErosi kornea merupakan keadaan terkelupasnya epitel kornea yang dapat mengakibatkan oleh gesekan keras pada epitel kornea.

 Erosi kornea rekuren Iridoplegia HifemaIridosiklitis Subluksasi Lensa Luksasi Lensa AnteriorLuksasi Lensa PosteriorEdem RetinaAblasi RetinaRuptur KoroidAvulasi saraf optikApapaun jenis keruskan yang terjadi, memang akan membutuhkan waktu untuk penyembuhan dan kembali berfungsi dengan normal, yang dipengaruhi oleh seberapa luas dan beratnya derajat kerusakan yang terjadi. Untuk itu dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam terapi untuk membantu proses kesembuhan tersebut.

Saran kami agar anda tetap melanjutkan terapi yang telah diberikan oleh dokter yang memeriksa Anda, kemudian anda dapt kembali untuk kontrol pada waktu yang telah disepakat. Namun bila sebelum waktu yang telah ditentukan Anda merasakan adanya perburukan pada gangguan mata tersebut, anda tidak perlu menunggu lagi untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

07 Aug 2019, 09:07 WIB