Merawat Luka Operasi

Info Penanya, wanita 36 Tahun

Selamat siang dokter,mau tanya 4 hari yg lalu saya operasi open flap ..tadi saya minum susu kena bagian yang di operasi ..yg saya tanyakan ,,1. apakah boleh minum susu pasca operasi open flap? 2. susu itu kan lengket ya,,saya takut lengket di bagian yg di operasi dan membuat plak ..bagaimana membersihkannya Krn bagian yg dioprasi masih luka (jahitannya blm dilepas) Terimakasih

10 Aug 2019, 07:39 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya mengenai luka operasi melalui fitur Tanya Dokter.

Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi,  Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

10 Aug 2019, 07:39 WIB