Menurunkan Berat Badan Untuk Penderita Hipertensi

Info Penanya, wanita 41 Tahun

Saya mengalami kenaikan BB yang sangat drastis dan saya coba untuk menurunkan tidak bisa sama sekali, perlu diketahui bahwa saya sudah 1 thn terakhir KB suntik stp bulannya, dan saya memiliki darah tinggi juga koresterola. Program diet apakah yang baik untuk saya saat ini? apakah kelebihan BB saya pengaruh dari program KB yang saya jalankan? Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Warms Rgds, Sisca

12 Aug 2019, 13:47 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Penggunaan KB suntuk (hormonal) memang dapat memicu penambahan lemak dalam tubuh. tetapi, kenaikan berat badan tidak serta merta disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan berat badan naik seperti bertambahnya usia, kurangnya aktivitas fisik, dan tidak menjaga pola makan dengan baik. 

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan berolahraga secara rutin. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, terutama Anda memiliki tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tinggi. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Butuh kesabaran dan disiplin dalam proses menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan yang asin - asin, hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food(sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya.

Meskipun Anda sudah mengkonsumsi obat - obatan utk tekanan darah dan kolesterol, jangan lupakan untuk menerapkan pola hidup sehat sehingga komplikasi seperti serangan jantung maupun stroke dapat dihindari. Selain itu, jangan lupa untuk selalu kontrol secara rutin ke dokter spesialis penyakit dalam untuk follow up kondisi Anda.

Berikut ini, kami lampirkan artikel yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan :

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

 

12 Aug 2019, 13:47 WIB
Makan Kacang Walnut untuk Menurunkan Tekanan Darah, Efektifkah? (Krasula/Shutterstock)
Info Sehat
Makan Kacang Walnut untuk Menurunkan Tekanan Darah, Efektifkah?
Tanya Dokter
Plak Pembuluh Darah dan Tekanan Darah Tinggi
Penderita Hipertensi Tidak Boleh Makan Daging Kambing? (itakdalee/Shutterstock)
Info Sehat
Penderita Hipertensi Tidak Boleh Makan Daging Kambing?
Memilih Keju yang Tepat untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi (Nitr/Shutterstock)
Info Sehat
Memilih Keju yang Tepat untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi
Cegah Hipertensi, Ini Cara Mengolah Daging Kambing Saat Idul Adha (Itakdalee/Shutterstock)
Info Sehat
Cegah Hipertensi, Ini Cara Mengolah Daging Kambing Saat Idul Adha
Cara Aman Masak dan Makan Daging Kurban Saat Idul Adha (Stacey-Green/Shutterstock)
Info Sehat
Saat Idul Adha, Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?
Terlalu sering Konsumsi Makanan Olahan, Apa Dampaknya? (Artem Shadrin/Shutterstock)
Info Sehat
Terlalu sering Konsumsi Makanan Olahan, Apa Dampaknya?
7 Gangguan Kesehatan yang Harus Segera Diperiksa (Atstock-Productions/Shutterstock)
Info Sehat
7 Gangguan Kesehatan yang Harus Segera Diperiksa
5 Cara Alami Mengatasi hipertensi (Syda-Productions/Shutterstock)
Info Sehat
5 Cara Alami Mengatasi hipertensi
Lakukan 8 Hal Ini untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Dragon Images/Shutterstock)
Info Sehat
Lakukan 8 Hal Ini untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi