Detak Jantung Tidak Teratur

Info Penanya, pria 22 Tahun

Halo dokter, sudah 5 bulan ini jantung saya kok berdetak tidak beraturan ya, seperti berhenti sesaat, terutama saat jantung berdetak dibawah 100 per menit dan menjelang tidur. Ini serangan jantung atau apa dok. Makasih

14 Aug 2019, 05:28 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter untuk menanyakan tentang detak jantung tidak teratur.

Secara medis, detak jantung tidak teratur disebut dengan istilah aritmia. Aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat mengakibatkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardi), terlalu lambat (bradikardi), atau tidak teratur (iregular).

Beberapa aritmia tidak berbahaya namun beberapa jenisnya dapat berkomplikasi lebih serius dan mengakibatkan kematian. Apabila jantung mengalami gangguan irama, kemungkinan jantung tidak dapat memompa cukup banyak darah ke jaringan tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh termasuk diantaranya adalah otak, ginjal, dan organ lain kekurangan oksigen dan nutrisi.

Terap atau pengobatan dari aritmia akan tergantung dari tipe, keparahan aritmia yang terjadi berdasarkan pemeriksaan rekam jantung yang didapatkan. Aritmia dapat diatasi dengan obat-obatan, kardioversi,  defibrilator, pacemaker, maupun dengan ablasi kateter. Semua akan tergantung dari tipe dan keparahannya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis jantung untuk evaluasi lebih lanjut.

Baca juga:

Seputar Aritmia

Cegah Penyakit Jantung dengan 4 Kebiasaan Ini

Demikian, semoga informasi tentang detak jantung tidak teratur ini bermanfaat.

14 Aug 2019, 05:28 WIB