Tips Menurunkan Kolesterol

Info Penanya, pria 33 Tahun

cara untuk menurunkan kolestrol gimana dok

14 Aug 2019, 09:39 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah bertanya seputar kolesterol melalui fitur Tanya Dokter. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Dalam suatu bentuk total kolesterol, selain LDL dan HDL, terdapat kadar yang dinamakan Trigliserida. Trigliserida intinya adalah bentuk utama dari lemak. Bentuknya sendiri tersusun atas tiga molekul asam lemak yang terkombinasikan dengan gliserol. Sebagian besar lemak tubuh kita berbentuk trigliserid. Sebagaimana fungsi lemak, trigliserida merupakan kontributor cadangan energi. Selain dihasilkan sendiri oleh tubuh, trigliserid juga berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Prinsip makanan yang tinggi kolesterol adalah:

1. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh di antaranya adalah mentega, bacon, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan.

2, Lemak Trans

Jenis lemak ini terdapat dalam margarin, krakers, biskuit, keripik, dan lain-lain.

3. Daging Berlemak

Contoh daging berlemak adalah kornet sapi, iga sapi, steak, hot dog, sosis, bacon, dan daging olahan. Selain itu, batasi juga konsumsi jeroan seperti paru, limpa, ati, ginjal, dan otak. Anda bisa menggantinya dengan daging yang lebih rendah komposisi lemaknya, seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak (lean beef), sapi muda, dan ikan. Jika Anda menyukai steak, Anda dapat memilih jenis daging yang lebih rendah kandungan lemaknya, seperti tenderloin (has dalam), flank (perut samping bawah), atau round (bagian bokong). Hindari rib eye dan prime rib yang tinggi lemak.

Makanan-makanan tersebut sebaiknya dikurangi, bahkan dihindari konsumsinya. Lalu ada beberapa makanan yang harus dipantang karena menyebabkan kolesterol sangat tinggi, yaitu:

  • Cumi – cumi mengandung 1170 mg/10 gr
  • Kuning telur ayam mengandung 2000 mg/ 10 gr
  • Otak sapi mengandung 2300 mg/10 gr
  • Telur burung puyuh mengandung 3640 mg/10 gr
  • Jeroan kambing mengandung 610 mg/10 gr

Makanan diatas berbahaya ketika dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Anda perlu menjaga kolesterol tetap normal karena kolesterol tinggi akan berakibat fatal. Penyakit jantung dan stroke merupakan beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.

Jika kadar trigliserid Anda meningkat, potensi timbulnya penyakit jantung dapat terjadi, terutama pada wanita yang kelebihan berat badan, punya tekanan darah tinggi dan menderita diabetes melitus.

Dulu tingkat trigliserid di bawah 500 mg/dl tidak dianggap berbahaya. Namun Asosiasi Jantung Amerika menetapkan agar kadar trigliserid sebaiknya di bawah 150 mg/dl dan lebih baik lagi kalau di bawah 100 mg/dl.

Tingginya trigliserid sering disertai dengan keadaan kadar HDL rendah. Sementara yang lebih mengerikannya lagi, ditemukan pula pada kadar trigliserida diatas 500 mg/dl dapat menyebabkan peradangan pada pankreas.

Untuk menurunkan kadar trigliserida, yang dibutuhkan adalah mengurangi konsumsi lemak, alkohol, dan karbohidrat. Selain itu, olahraga aerobik atau olahraga yang membakar lemak perlu dilakukan. Kadar trigliserida tinggi juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi omega-3 yang banyak bersumber dari ikan.

Secara umum, makanan yang baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Bahan makanan seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, ikan salmon, bawang putih, bayam, margarin, teh dan cokelat terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk nipis, apel, jambu biji, alpukat, mangga, bluberry, anggur dan lain-lain.

Bila dibutuhkan maka dokter akan memberikan obat penurun kolesterol pada Anda. Sebaiknya konsultasikan dulu kondisi Anda ke dokter. 

Baca juga:

Cara Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Melakukan Olahraga Ini

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kolesterol. Semoga bermanfaat.

14 Aug 2019, 09:39 WIB