Yogurt Untuk Diare

Info Penanya, wanita 12 Tahun

Kalo pake yakult untuk diare bisa kah

14 Aug 2019, 22:35 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Banyak kelebihan yogurt lainnya yang belum diketahui orang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Yogurt lebih mudah dicerna daripada susu. Banyak orang yang tidak bisa minum susu, entah karena alergi protein atau tidak dapat mentoleransi laktosa, dapat mengonsumsi yogurt tanpa mengganggu ususnya. Kadar laktosa pada yogurt juga lebih sedikit daripada susu. Yogurt juga membantu menyehatkan usus besar. Yogurt mengandung laktobateria (bakteri baik yang melindungi usus besar), dan kalsium, mineral yang menyehatkan usus besar dan menurunkan risiko kanker usus besar.
  • Yogurt dapat meningkatkan kekebalan, dan membantu menyembuhkan infeksi pencernaan. Karena mengandung lebih sedikit laktosa, dan lebih banyak laktasa, yogurt juga manjur sebagai "obat" diare. Saat sedang mengonsumsi antibiotik, Anda tetap dapat menikmati yogurt. Yogurt akan meminimalkan efek dari antibiotik pada bakteri baik di dalam usus.
  • Yogurt merupakan sumber kalsium. Mengonsumsi yogurt sebanyak 220 gr menghasilkan 450 mg kalsium, lebih banyak daripada yang dihasilkan susu dengan porsi yang sama.
  • Yogurt juga merupakan sumber protein. Yogurt tawar mengandung 10-14 gr protein setiap 220 gr, atau sekitar 20% dari protein yang dibutuhkan manusia setiap harinya.Berdasarkan penjelasan diatas, Anda masih dapat mengonsumsi yogurt (dengan merek yang Anda sebutkan) saat Anda diare. Namun perlu diperhatikan efek setelah minum yogurt tersebut dan juga tetap konsumsi cairan yang cukup selama diare. Bila diare semakin berat, kami sarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Untuk toge mentah atau setengah matang, sebaiknya makanan dimasak dengan baik terlebih dahulu. Bisa saja toge mentah atau setengah matang tersebut yang menyebabkan Anda diare karena kondisi yang kurang bersih dan mengandung bakteri atau parasit yang dapat mengganggu pencernaan.Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Aug 2019, 22:35 WIB