Haid Tidak Teratur

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Salam Sejahtera Dok... Dok,sudah sekitar 4 tahun saya mengalami kenaikan berat badan yang semula 46kg menjadi 66kg hal tersebut di iringi dengan siklus haid yg tidak teratur. Siklus haid paling lama 3 bulan sekali. Dan sempat kembali normal (sebulan sekali haid) namun saat ini siklusnya kembali tidak beraturan bahkan kenaikan badan sangat drastis dalam kurun 2 bulan naik 5kg. Solusi dan arahannya bagaimana dok akan kondisi seperti ini? Terimakasih.

15 Aug 2019, 09:54 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Haid Tidak Teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid tidak teratur dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan organ reproduksi. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama 2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia) 3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30 4. Malnutrisi (kurang gizi) 5. Stres psikologis 6. Atlet 7. Kekurangan vitamin K 8. Penggunaan obat-obatan tertentu 9. Kelainan pembekuan darah 10. Gangguan hormon tiroid 11. Sindrom tertentu (misalnya PCOS)

Untuk mengetahui ada/tidaknya gangguan organ reproduksi memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Meskipun memang benar, bisa saja kenaikan berat badan drastis yang terjadi berkaitan dengan menstruasi yang tidak teratur. Seberapa besar kaitan antara kenaikan BB dan haid tersebut butuh pemeriksaan mendalam, salah satunya untuk mencari kemungkinan ke arah PCOS.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan ulang terkait kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Haid Tidak Teratur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

15 Aug 2019, 09:54 WIB