Flek Diluar Jadwal Haid

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Saya memiliki siklus haid 35 hari, tgl 10 Juli saya haid bersih haid itu tgl 17 Juli, kemudian tgl 29 Juli-11 Agustus keluar kecoklatan yang seperti lendir , tidak bau tidak gatal tidak perih, sesudah itu tanggal 12 Agustus-15 Agustus saya keluar darah tapi tidak banyak, hanya pagi itupun keluar dalam keadaan seperti lendir,saya yakin ini bukan darah haid karna tidak nyerihaid, darah yang keluar juga tidak banyak seperti pada umumnya,bahkan memakai pantyliner saja tidak tembus, itu kenapa ya dok? bahaya kah? atau karena hormon? atau karena emang ada yang bermasalah ?

16 Aug 2019, 09:07 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah menanyakan seputar flek diluar jadwal haid menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perdarahan flek yang terjadi di luar siklus haid perlu dicari penyebabnya.  Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

Dysfunctional uterine bleeding

Endometriosis, adenomiosis

Kehamilan ektopik

Hiperplasia endometrial

Polip

Penggunaan kontrasepsi

Kanker leher rahim

Penyakit radang panggul

Perdarahan Implantasi

Apabila keluhan tsb dirasakan setiap bulan, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebabnya. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi menanyakan seputar flek diluar jadwal haid yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

16 Aug 2019, 09:07 WIB