nyeri perut kiri atas

Info Penanya, pria 80 Tahun

Doc, akhir2 ini sewaktu2 timbul rasa sakit nyelekit 2 sampai 3 x di perut sebelah kiri bagian atas. Mohonpenjelasan kemungkinan penyebabnya. Terima kasih

21 Aug 2019, 12:37 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut kiri atas melalui fitur Tanya Dokter.

Sensasi perih atau nyeri perut pada bagian kiri atas bisa terjadi karena berbagai penyebab, seperti dibawah ini.

  • Infeksi Lambung (gastritis) dan tukak lambung (peptic ulcer) adalah dua kondisi yang bisa membuat seseorang merasakan nyeri di perut bagian kiri atas. Nyeri yang dirasakan umumnya disertai sensasi penuh (begah) hingga mual muntah. Bahkan, kondisinya bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring pada malam hari.
  • Radang kelenjar pankres. Kondisi ini juga disebut sebagai pankreatitis. Coba ingat-ingat ingat lagi, apakah nyeri perut yang mengusik Anda sampai menjalar ke punggung. Jika benar kemungkinan bahwa ada probabilitas Anda terkena penyakit ini. Kecurigaan menguat jika Anda sampai mengalami demam tinggi. Jika mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter karena penyakit ini tergolong berbahaya.
  • Serangan jantung (angina). Kemungkinan lain penyebab sensasi nyeri perut bagian kiri atas adalah serangan jantung atau angina. Gejala utamanya adalah nyeri dada sebelah kiri yang menjalar ke lengan kiri, dan disertai sesak napas serta keringat dingin.
  • Masalah di paru. Gangguan pada paru dan selaput paru seperti infeksi, juga bisa menciptakan keluhan sakit pada perut sebelah kiri bagian atas. Kondisi ini juga turut disertai demam atau nyeri saat bernapas.

Jika anda merasa gejala tersebut sangat mengganggu, sebaiknya anda periksakan diri dengan dokter agar diberikan diagnosa penyebab serta terapi yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

21 Aug 2019, 12:37 WIB