kemungkinan hamil

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok, saya melakukan hubungan intim dengan pacar saya. pacar saya tidak melakukan ejakulasi, dan penisnya hanya ditempatkan di mulut vagina saya dok. apa mungkin terjadi kehamilan?

21 Aug 2019, 14:17 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.

Sebelumnya mohon maaf jadi apakah ada penetrasi penis masuk ke vagina? karena hal itulah yang dimaksud dengan berhubungan, kalau hanya ditempel di mulut vagina luar saja tidak bisa dibilang berhubungan atau biasa dikenal dengan "petting".

Kehamilan terjadi akibat adanya pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Pembuahan tersebut terjadi di dalam saluran reproduksi wanita yaitu tuba falopii. Untuk mencapai saluran tersebut, sperma akan "berenang" dari lubang kemaluan atau vagina wanita ke atas, melewati rahim. Pada beberapa keadaan yang tidak disadari, sel sperma bisa saja keluar tanpa disertai ejakulasi dan jika beruntung sel sperma tersebut dapat membuahi. Namun hal tersebut sangat sangat kecil kemungkinannya walaupun tetap ada kemungkinan. Kemungkinan tadi dipersulit kalau anda dan pasangan hanya petting tanpa adanya penetrasi penis masuk ke vagina.

Sperma membutuhkan mediasi untuk berenang dari vagina ke dalam rahim agar terjadi kehamilan. Apabila mediasi/cairan tersebut tidak ada,  maka tidak mungkin dapat terjadi kehamilan. Kehamilan hanya dapat terjadi jika hubungan intim dilakukan dengan adanya penetrasi kemaluan pria (penis) ke dalam vagina.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar kemungkinan hamil. Semoga bermanfaat.

 

21 Aug 2019, 14:17 WIB