Diare akut

Info Penanya, wanita 26 Tahun

halo dok, saya sudah 3 hari BAB sehari bisa lebih dari 5 kali, tidak keras pada umumnya namun tidak terlalu cair, saat perut mules sakitnya melilit di sekitar puser, kadang perut di sekitar situ suka melilit tpi bukan melilit seperti mau BAB. dan sering pusing jga. kira-kira saya gejala seperti itu kenapa ya dok? mohon bantuannya. terima kasih

25 Aug 2019, 19:30 WIB
Klikdokter
dijawab oleh: Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kondisi yang Anda alami tergolong dalam diare akut. Banyak hal yang dapat menimbulkan diare akut, dan paling sering adalah infeksi. Namun perlu ditelaah lebih lanjut mengenai keluhan yang Anda alami. Seperti adakah darah maupun lendir pada saat BAB cair, keluhan penyerta lain seperti demam, mual dan muntah. Jika terdapat lendir maupun darah pada BAB, kemungkinan besar terdapat infeksi bakteri dan mebutuhkan terapi antibiotik. Pada kondisi ini, penggunaan anti diare yang berfungsi untuk menghentikan BAB cair tidak disarankan.

Selain itu, pada kondisi diare akut harus memperhatikan asupan makanan dan minuman agar tetap memenuhi kebutuhan tubuh. Terlebih asupan cairan, harus terpenuhi karena pada kondisi diare akut rentan menimbulkan dehidrasi. Kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

25 Aug 2019, 19:30 WIB