Seputar Kista Payudara

Info Penanya, wanita 37 Tahun

dok, apa kista di payudara, setelah dilakukan aspirasi jarum halus, cairan di kistanya disedot, jika kistanya masih tetap ada, apa tidak berbahaya jika tidak dilakukan tindakan apa2 lgi?

26 Aug 2019, 11:55 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar kista payudara dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Setelah pengambilan cairan dengan menggunakan aspirasi jarum halus dan dipastikan tidak ada darah serta menghilang maka tidak perlu tindakan apa - apa lagi. Tetapi jika masih ada teraba benjolan kembali, maka pemeriksaan lanjutan seperti mamogram maupun usg payudara tetap dilakukan kembali untuk melihat apakah berisi massa padat atau memang masih ada cairan yang terbentuk. Jika memang terbukti ada massa padat, maka pengambilan sampel massa tersebut akan dilakukan dengan hal yang sama yaitu menggunakan aspirasi jarum halus. Setelah mendapatkan hasil dari laboratorium, umumnya tindakan pengangkatan massa padat pada payudara dapat dilakukan. Sedangkan apabila berisi cairan dan berukuran besar, umumnya akan di lakukan pengangkatan. Tetapi, jika dibiarkan juga tidak masalah karena kista payudara tidak mengandung sel kanker dan bersifat jinak.

Anda dapat mengkonsultasikannya lebih lanjut mengenai keluhan Anda ini kepada dokter spesialis bedah, karena setiap kondisi masing- masing pasien dapat berbeda - beda. 

 

Berikut ini merupakan tautan artikel seputar kista payudara yang dapat Anda baca :

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar kista payudara, semoga bermanfaat.

Salam,

26 Aug 2019, 11:55 WIB