Nyeri Haid

Info Penanya, wanita 28 Tahun

Selamat siang dok. Saya melakukan operasi sesar 2th lalu. Hari ini yah rasa sakit yang begitu sangat datang kembali. Khususnya ketika saya haid atau terlalu lelah. Kenapa itu dok? Ada pengaruhnya kah dengan makan dingin? Obat apa yang harus saya konsumsi untuk menghilangkan nyeri yang sangat melilit terkadang d Sakitnya timbul lalu hilang timbul lagi hilang lagi. Saya jadi khawatir... Saya paling takut untuk ke dokter dok.. Apa lagi klo hasilnya negatif. Apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa sakit yg musiman ini dok? Saya mohon untuk reply ASAP. Terima kasih dokter.

26 Aug 2019, 15:05 WIB
dr. Bobtriyan Tanamas
dijawab oleh: dr. Bobtriyan Tanamas

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri haid melalui fitur Tanya Dokter

Nyeri yang menyertai haid merupakan hal yang umum terjadi. Nyeri ini terjadi akibat prostaglandin yang dikeluarkan otot-otot dinding rahim. menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut.

Berikut adalah ciri-ciri nyeri haid yang normal:

Nyeri yang dirasakan biasanya satu atau dua hari sebelum haid datang atau saat haid hari pertama. Nyeri yang dirasakan berada di perut bagian bawah, pinggang atau di bagian paha. Sifat nyeri mulai dari ringan sampai berat, yang bertahan selama 12 sampai 72 jam paling lama. Gejala nyeri dapat disertai keluhan mual, muntah, lemas, dan diare.

Sedangkan ciri nyeri haid yang tidak normal adalah:

Nyeri yang dirasakan lebih sakit dibandingkan nyeri kram perut biasa. Nyeri terkadang tidak berkurang meskipun haid telah selesai. Bagaimana dengan riwayat nyeri haid di masa lalu? Apakah nyeri haid yang Anda alami saat ini memang tidak wajar?

Jika nyeri haid Anda termasuk normal, Anda dapat mencoba berbagai tindakan alami untuk meredakannya. Misalnya, meletakkan kompres hangat pada perut bagian bawah pusar untuk mengurangi nyeri, atau melakukan pijatan dengan membuat gerakan melingkar menggunakan jari tangan di sekitar pusar. Jangan lupa, teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga juga berguna untuk menghilangkan nyeri haid.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri haid seperti parasetamol atau asam mefenamat yang umumnya dijual bebas di apotek.

Bila ini terjadi terus-menerus, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kemungkinan akan melakukan USG perut untuk mengevaluasi kondisi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar nyeri haid, Semoga bermanfaat

26 Aug 2019, 15:05 WIB