Gigi Bungsu Tumbuh Dan Terasa Nyeri

Info Penanya, pria 19 Tahun

Saya baru mengalami tumbuh gigi geraham belakang di usia 19 tahun, saya ingin tanya, apakah jika merasakan nyeri berlebihan dan terdapat bengkak besar di gusi belakang termasuk infeksi? Dan penanganan pertama apa ya? Saya sudah merasakan nyeri kurang lebih 10hari, terimakasih

28 Aug 2019, 20:01 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya mengenai gigi bungsu yang tumbuh dan terasa nyeri melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi geraham belakang atau yang dikenal dengan istilah gigi bungsu memang akan mulai tumbuh antar 17 hingga 25 tahun. Biasanya gigi tersebut tumbuh dengan posisi miring menabrak gigi sebelahnya atau tidak seperti gigi lainnya karena kurangya tempat untuk tumbuh sehingga terkadang menimbulkan rasa sakit atau nyeri dari tingkat ringan hingga berat.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung dan juga foto rontgent sebagai pemeriksaan penunjang dan memastikan posisi gigi Anda. Baru setelahnya dilakukan pengangkatan agar rasa sakit tidak muncul kembali.

Sebagai penanganan awal Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dapat dibeli apotik. Namun, jika rasa sakit sudah hilang segera lakukan pemeriksaan dengan dokter agar rasa sakit tersebut tidak muncul kembali.

Baca artikel terkait :

Pengertian Gigi Bungsu

Tips Pemulihan setelah Operasi Gigi Bungsu

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Smeoga Bermanfaat.

28 Aug 2019, 20:01 WIB