Penanganan Kulit Kering Saat Hamil

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok saya mau tanya Saat ini saya sedang mengalami kulit kering dan menebal kayak ada lapisan gitu tapi tidak gatal gatal dan menyebar mulai dari perut payudara dan punggung saat ini saya tengah hamil 2 bln obat apa ya dok yg aman untuk bumil mksh dok

30 Aug 2019, 08:39 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar penanganan kulit kering saat hamil dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Perawatan kulit kering yang paling penting adalah menjaga kelembaban kulit, misalnya memakai lotion pelembab. Gunakanlah pelembab pada seluruh tubuh Anda sesering mungkin. Pada bagian payudara yang gatal, Anda bisa mengoleskan krim seperti vaselin atau petrolium jelly sebagai pelembab yang aman. Hindarilah penggunaan sabun mandi antiseptik, sebagai penggantinya gunakanlah sabun mandi yang dapat menjaga kelembaban kulit Anda. Karena sabun antiseptik biasanya akan membuat kulit lebih kering. Anda dapat menggunakan sabun bayi atau sabun yang tidak terlalu banyak busa karena kandungan busa yang berlebihan dapat menyebabkan hilangnya minyak pada kulit.

Adanya perubahan cuaca dari panas ke dingin aupun sebaliknya dapat menambah kekeringan kulit. Riwayat atopi atau alergi juga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

Sewaktu mandi, hindari penggunaan air yang terlalu panas. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan. Hindari mandi atau berendam terlalu lama. Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja.

Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya.Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit.

Perbanyak mengkonsumsi air putih. Dengan mengkonsumsi air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang ber-AC. Konsumsi juga makanan yang mengandung omega 3. Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan - makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji - bijian, walnut, minyak bunga matahari. Selain itu juga, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Penggunaan obat - obatan minum saat ini belum di perlukan, tetapi apabila kondisi kulit kering semakin parah dan muncul gatal sebaiknya di periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Berikut ini merupakan artikel tautan seputar penanganan kulit kering yang dapat Anda baca :

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar kulit kering saat hamil, semoga bermanfaat.

Salam,

30 Aug 2019, 08:39 WIB