Hamil Anggur

Info Penanya, wanita 38 Tahun

solusi dan obat dari hamil anggur

30 Aug 2019, 09:23 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar hamil anggur dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kehamilan anggur atau mola hidatidosa merupakan kehamilan abnormal dimana ditandai dengan tidak berkembangnya janin. Pada kehamilan anggur, plasenta yang ada berkembang menjadi massa berkantong berisi cairan menyerupai sarang lebah atau anggur. 

Beberapa faktor risiko yang dikaitkan dengan terjadinya hamil anggur pada seorang wanita, yaitu:

  • Usia kehamilan ibu. Hamil anggur lebih sering terjadi pada ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun atau di bawah 20 tahun
  • Riwayat mengalami hamil anggur sebelumnya.

Penyebab terjadinya kehamilan anggur antara lain karena faktor ovum (sel telur), kromosom (gen dari ayah dan ibu), adanya infeksi, maupun reaksi imun.

Kehamilan anggur dapat dideteksi sejak dini karena pada umumnya sering menimbulkan gejala seperti perdarahan dan ukuran rahim yang lebih besar dibandingkan usia kehamilan seharusnya.

Untuk penanganannya, hamil anggur perlu dilakukan tindakan operasi atau kuret untuk mengeluarkan kehamilan yang tidak berkembang. Selanjutnya jaringan hasil tindakan di kirim ke laboratorium untuk mendeteksi apakah bersifat ganas atau tidak. Pemantauan secara berkala paska tindakan pengeluaran jaringan harus dilakukan karena pada beberapa kondisi hamil anggur dapat menjadi kasus keganasan atau kanker. 

Umumnya dokter akan menyarankan untuk menunda kehamilan selama 1 tahun, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda dalam memilik kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar hamil anggur, semoga bermanfaat. 

Salam,

30 Aug 2019, 09:23 WIB