Keputihan, ISK dan Tanda Kehamilan

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok terakhir saya mens kan tgl 10 agustus kmrin, trus saya berhubungan tgl 20 agustus dok, lalu tgl 31-1 kmrin juga berhubungan bdn h-7 sebelum haid tpi knpa setelah berhubungan keluar cairan putih dan sedikit darah ya dok, badan saya pun lemas pegal ,punggung nyeri, mood pun sering berubah" minggu" terakhir ini dok, apa saya hamil ya dok tpi saya tidak mual, dan sebelum nya memang sering BAK dok, lalu diperiksa dan minum obat ISK, kalaupun sudah ada janin apa mempengaruhi dok obat itu

02 Sep 2019, 09:50 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar keputihan, ISK dan tanda kehamilan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Obat jenis apa yang dimaksud menganggu perkembangan janin? Kami tidak dapat menentukan apakah itu jenis berbahaya atau tidak karena kami tidak mengetahui golongan apa obat tersebut. Jika memang ada kehamilan, pasti dokter akan memberikan obat yang aman bagi ibu hamil. 

Munculnya keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan, misalnya erosi di vagina dikarenakan belum sering berhubungan sehingga jaringan pintu vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina) menyebabkan perobekan jaringan vagina. Hal ini juga dapat terjadi bila wanita masih belum penuh terangsang (belum banyak dihasilkan pelumas vagina), hal ini dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet hingga mengeluarkan darah. Jika darah yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb).

Untuk masalah keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina, selain keputihan normal, keputihan juga dapat terjadi akibat infeksi/ tertular kuman. Jika keputihan termasuk keputihan akibat infeksi umumnya memberikan gejala gatal, vagina kemerahan, panas, rasa terbakar, berbau menyengat, dan keputihan tampak banyak serta berwarna kekuningan/ kehijauan. Kuman itu sendiri bisa merupakan flora normal (bakteri/ jamur yang memang normal ada di vagina) maupun akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) akibat berganti-ganti pasangan. Keputihan jenis ini perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam, yang bukan tidak mungkin menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan.

Yang terakhir, masalah tentang tanda kehamilan. Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim, dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Berikut ini merupakan tautan artikel yang dapat Anda baca :

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

02 Sep 2019, 09:50 WIB