Nyeri Pergelangan Tangan dan Lutut

Info Penanya, wanita 47 Tahun

Pagi Dok, persendian lutut, sendi pergelangan tangan dan sendi pergelangan kaki sering nyeri, khususnya persendian lutut, untuk jongkok sangat nyeri dan kaku. apakah supplemen yang bagus untuk sendi saya? dan biasanya kalau sudah dekat siklus datang bulang, nyeri2 nya tambah terasa. Thanks sebelumnya dok

02 Sep 2019, 17:06 WIB
dr. Bobtriyan Tanamas
dijawab oleh: dr. Bobtriyan Tanamas

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Nyeri Pergelangan Tangan dan Lutut pada fitur Tanya Dokter

 

pentingnya mengetahui riwayat penyakit anda sebelum saya menjawab, apakah keluhan ini baru dirasakan atau sudah menahun? lalu adakah pencetus sebelum terjadinya keluhan tersebut?

nyeri pada pergelangan tangan pada umumnya dapat disebabkan oleh peradangan sendi (arthritis), patah tulang, dislokasi sendi, bahkan penyempitan saraf pergelangan tangan (Carpal Tunnel Syndrome). keempat penyebab umum tersebut memiliki manifestasi klinis seperti nyeri pergelangan tangan dapat disertai  bengkak, perubahan bentuk anatomi, perdarahan, gangguan saraf serta terbatasnya pergerakkan. 

secara umum penanganan kasus nyeri pada pergelangan tangan dapat ditangani dengan cara: istirahatkan tangan yang sakit, lakukan pembebatan menggunakan perban elastis atau kain, kompres es (bila ditemukan adanya bengkak), lalu bisa diberikan analgetik atau pereda nyeri seperti parasetamol, ibuprofen samapi dengan Na Diclofenac

Untuk kasus nyeri lutut sendiri pada umumnya disebabkan oleh osteoarthritis (OA), kasus ini biasa ditemukan pada pasien usia 45 tahun keatas dengan resiko overweight atau obesitas, bisa juga ada riwayat cedera olah raga pada lutut yang sudah lama diderita.

untuk mengevaluasi keadaan ini pentingnya dilakukan pemeriksaan fisik pada lutut dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti Xray dan MRI lutut agar dapat mengetahui penyebab dari keluhan nyeri lutut tersebut. untuk menangani rasa nyeri analgetik diatas juga dapat digunakan pada kasus OA. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat

 

02 Sep 2019, 17:06 WIB