Demam Naik Turun Pada Anak

Info Penanya, wanita 11 Tahun

Dok, mau nanya. Adik saya sudah 5 hari demam. Makan tidak selera. Tiap ada yg masuk pasti dimuntahkan. Disertai batuk. Pada hari ke3 dibawa ke dr. Kata dokter jika 2 hari lg msh demam akan cek darah. Kemudian pada hari yg telah ditentukan kebetulan demamnya menurun dan dr tsbt hanya memberi obat sirup saja. Salah satuny batuk. Dan malam harinya demamnya naik lagi. Padahal sudah minum yg obat yg dianjurkan. Ini sudah hari k4 adik saya demam. Bagaimana ya dok?

03 Sep 2019, 09:44 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai demam naik turun pada anak melalui fitur Tanya Dokter. 

Bagaimana kondisi anak Anda saat ini?

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami menjelaskan sekilas mengenai demam. Demam merupakan mekanisme normal oleh tubuh saat tubuh ingin melawan benda asing seperti bakteri, virus dan lainnya. Suhu normal manusia adalah sekitar 36,5-37,5 oC. Suhu anak Anda yang sudah mencapai 39 oC harus diwaspadai karena artinya demam tinggi dan harus segera diturunkan dengan cara apapun. Hati-hati karena demam tinggi dapat menyebabkan kejang pada anak. Selain mencoba menurunkannya dengan ibuprofen atau parasetamol, Anda juga dapat mengompres seluruh badannya (tidak hanya kepala) dengan air hangat. Namun, kompres harus diperas dan direndam di air hangat kembali secara teratur. Tidak boleh hanya ditinggal begitu saja karena jika ditinggal terlalu lama akan menjadi dingin.

Pada anak Anda demam sudah terjadi selama 3 hari, demam yang terjadi selama 3 hari atau lebih memerlukan evaluasi yang lebih ketat karena kemungkinan besar terdapat infeksi yang perlu diatasi. Selain itu juga Anda perlu mengetahui hal-hal yang terkait dengan kondisi anak Anda saat ini seperti "Apakah demam disertai dengan gejala lain?" Seperti kejang, gangguan pencernaan(diare atau konstipasi), gangguan pernafasan(batuk, pilek,sesak nafas), gangguan pada telinga(keluar cairan ataupun darah dari telinga), dan sebagainya.

Sulit bagi kami untuk mendiganosa demam pada anak Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung mengingat banyaknya penyebab demam, bila disebabkan oleh infeksi pun bisa infeksi virus, bakteri, jamur. Dan biasanya juga disesuaikan dengan keluhan lain, Namun demam akut (tiba-tiba) dan naik turun bisa disebabkan adanya infeksi pencernaan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai demam naik turun pada anak. Semoga bermanfaat. 

03 Sep 2019, 09:44 WIB