Bedrest untuk Menurunkan Risiko Keguguran

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Selamat siang dok, saya hamil 7 minggu dan kemarin sempat usg tapi kata dokter harus bedrest karena rentan keguguran. Tapi biasanya 2 minggu sekali saya melakukan perjalanan panjang ke gunung untuk pulang kampung dan naik kendaraan roda dua. Apakah saya harus tetap melakukannya atau bagaimana saran dokter? Terimakasih

03 Sep 2019, 21:15 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, sebaiknya menerapkan saran dokter yang menangani untuk tetap bedrest dan menghindari aktivitas yang menguras tenaga, terlebih dengan bepergian menggunakan kendaraan beroda dua.

Janin di dalam kandungan memiliki cairan ketuban yang dapat melindunginya dari guncangan ketika berada di dalam kandungan. Namun pada usia kehamilan yang tergolong muda, cairan ketuban yang ada masih cenderung sedikit sehingga belum dapat melindungi janin dengan baik. Janin memiliki risiko tinggi mengalami benturan yang dapat berujung pada stress pada janin dan bisa menimbulkan keguguran.

Selain itu, ketika bepergian menggunakan kendaraan roda dua akan menimbulkan rasa lelah bagi ibu hamil, terlebih jika bepergian jarak jauh. Paparan asap kendaraan, debu dan angin juga dapat memicu ibu untuk mual dan muntah sehingga dapat memperberat morning sickness yang wajar dialami pada saat hamil muda. 

Kami sangat menyarankan Anda untuk terus berkonsultasi rutin dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani agar kondisi ibu dan janin terjamin kesehatan dan keselamatannya.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

03 Sep 2019, 21:15 WIB