Penyebab Sering Pusing dan Pingsan

Info Penanya, pria 46 Tahun

Nama sya irawan dri bogor mau tny bdn sy suka lemas, perut kembung, mual, mau muntah, keringat dingin, mata berkunang kunang, pusing, jari sblh kiri kesemutan dn susah tidur dn kmaren sy pingsan dan sering capek, penyebabnya apa iya dokter, terima kasih

04 Sep 2019, 07:43 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Perlu diketahui lebih dalam mengenai keluhan yang dialami, seperti sudah berapa lama mengalami keluhan tersebut, apakah sudah pernah mengalami kelkuhan serupa sebelumnya, apakah ada faktor pemicu yang dapat menimbulkan gejala tersebut, serta apakah ada riwayat penyakit lain, terlebih yang harus konsumsi obat secara rutin seperti darah tinggi, kencing manis maupun kolesterol.

Terdapat banyak hal yang mungkin dapat mendasari keluhan Anda, di antaranya adalah hipotensi dan hipoglikemi.

  • Hipotensi

Pada kondisi hipotensi, tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh terlalu rendah sehingga dapat mengganggu alirannya ke seluruh tubuh dan tidak dapat memberikan asupan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ketika tekanan darah terlalu rendah dapat mengeluhkan rasa lemas, keringat dingin, pusing dan dapat berujung pada pingsan salah satunya karena kurangnya aliran darah ke otak. Pada kondisi seperti ini sebaiknya meningkatkan konsumsi makanan sehat dan olahraga rutin dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

  • Hipoglikemi

Hipoglikemi adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah dalam darah terlalu rendah. Tubuh membutuhkan gula sebagai sumber energi sehingga dapat beraktivitas dengan baik. Ketika gula dalam darah terlalu rendah, asupan ke otak juga menurun dan pada akhirnya dapat menimbulkan pingsan. Ketika hal ini terjadi, pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah memberikan minuman manis seperti air gula untuk dapat membantu meningkatkan gula darah. Selain itu, sebaiknya menghindari terlambat makan atau melewatkan jam makan, terlebih saat memiliki aktivitas yang padat atau membutuhkan energi lebih.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

04 Sep 2019, 07:43 WIB