Tanda Awal Kehamilan

siang dok, saya mau tanya pertanda awal kehamilan

Lihat Selengkapnya
wanita, 29 Tahun04 Sep 2019, 01:58 WIB

dr. Bobtriyan Tanamas

Dijawab oleh:

dr. Bobtriyan Tanamas

Terima kasih telah berkonsultasi seputar tanda awal kehamilan pada fitur Tanya Dokter

 

1. Jika terjadi kehamilan, maka payudara akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Selain itu kondisi payudara juga akan terasa makin lembut, hal ini menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi, hingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang.

2. Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah sebagai ciri ciri hamil disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi

3. mual muntah (morning sickness), Sekitar 50% orang hamil akan memiliki tanda tanda hamil ini. Pemicunya adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing.

4. Setelah haid terlambat satu hingga dua minggu, keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering dari kebiasaannya. Ini disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah.

5. Tanda awal kehamilan yang berikutnya adalah sering merasa pusing dan sakit kepala. Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik, yaitu: rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah.

6. Rasa lelah dan mengantuk pada ibu hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah. Seringkali kelelahan dan ngantuk berlebih merupakan ciri-ciri hamil bagi Ibu.

7. sembelit termasuk ke dalam tanda-tanda hamil. Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone.

8. sering meludah (hipersalivasi), anda awal kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama

9. meningkatnya suhu basal/temperatur tubuh

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

lendir coklat tua dari kemaluan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

usia kehamilan dari USG berbeda dengan perkiraan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

kaki amputasi, bagaimana melahirkan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Terlambat Haid Test Pack Positif Samar

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Sperma pada tangan yang sudah dibasuh dapatkah menyebabkan kehami

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk