Bagaimana pengobatan penyakit Lupus?

Info Penanya, wanita 45 Tahun

Saya seorang odapus, belakangan ini saya sering sakit kalau terlalu lelah dan sendi sendi saya hampir setiap pagi kalau bangun tidur sakit, terutama di lutut dan juga sariawan saya sudah hampir 1 minggu ini tidak sembuh sembuh, padahal saya sudah pakai obat sariawan dan minum madu. Saya mau bertanya, produk Blackmores yang cocok untuk semua penyakit saya di atas itu apa? Terima kasih

05 Sep 2019, 07:07 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter terkait Odapus/ Lupus

Mohon maaf kami tidak dapat merekomendasikan merk tertentu untuk menjaga etika dan profesionalitas. Jika anda adalah seorang dengan penyakit lupus, maka kami sarankan menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran dokter yang merawat, karena penyakit lupus adalah penyakit auto imun yang harus dirawat seumur hidup meski dengan rawat jalan.

Pengertian Lupus itu sendiri, atau juga dikenal dengan sebutan Sistemik Lupus Eritematosus (SLE), merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri.

Peradangan yang terjadi akibat lupus dikenal memiliki seribu wajah, karena bisa menyerang berbagai sistem organ tubuh, termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Lupus seringkali sulit dikenali karena tanda dan gejalanya sangat bervariasi dan menyerupai berbagai kondisi klinis lainnya. Salah satu tanda yang cukup khas pada lupus berupa adanya ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu di pipi. Tapi ruam ini pun tidak selalu terjadi pada para penyandang lupus. SLE juga diketahui lebih sering ditemui pada wanita. Walaupun dapat terjadi pada seluruh kelompok usia, lupus paling sering terdiagnosis pada usia 15 hingga 40 tahun.

Penyebab LupusHingga saat ini sebagian besar kasus lupus belum diketahui secara pasti penyebabnya. Kemunculannya diduga merupakan kombinasi antara faktor genetik dan faktor lingkungan. Ada individu yang terlahir dengan kecenderungan mengalami lupus, ada yang terpicu oleh faktor infeksi, penggunaan obat-obat tertentu, atau karena dipengaruhi kondisi stres. 

Walaupun belum bisa sembuh secara total, serangkaian terapi dan pengobatan kini semakin berkembang untuk mengontrol berbagai gejala yang timbul. Individu dengan kecenderungan mengalami lupus bisa mengalami gejala ringan hingga berat bila terpapar suatu pemicu dari lingkungannya.

Beberapa kondisi yang dianggap sebagai pemicu adalah sengatan sinar matahari, infeksi, beberapa jenis makanan, konsumsi obat tertentu, aktivitas melelahkan, kurang istirahat, atau kondisi stres.

Demikian penjelasan dari kami terkait Odapus/ Lupus

 

05 Sep 2019, 07:07 WIB