Gendang Telinga Bolong, Apa yang Harus Dilakukan? 05 September 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Gendang Telinga Bolong, Apa yang Harus Dilakukan?

apa yg harus saya lakukan jika gendang telinga bolong

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun05 Sep 2019, 10:21 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter terkait pertanyaan gendang telinga bolong.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mungkin yang anda maksud adalah gendang telinga yang robek/ boong. Sebelumnya kami ingin menayakan beberapa hal, apakah penyebab bolongnya gendang telinga anda? apakah anda pernah mengalami infeksi telinga berulang atau trauma?

Mengenai apakah gendang telinga anda bisa kembali seperti normal atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam untuk mengetahui perjalanan penyakit yang Anda derita dan seberapa parah kerusakan yang telah terjadi pada gendang telinga Anda.

Bila luka kecil dan tidak ada infeksi, maka ada kemungkinan untuk sembuh sendiri. Untuk waktunya berbeda-beda tiap orang. Tergantung juga dari letak lubang. Bagaimana dengan Anda?

Pada beberapa kondisi juga terkadang memerlukan tindakan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Tergantung dari kerusakan atau bolong yang dialami pada gendang telinga serta waktu mengalaminya, c Jika ternyata cukup besar dan sudah terlalu lama terjadi maka diperlukan operasi. 

Untuk mengetahui kondisi kerusakan gendang telinga Anda, apakah masih dapat sembuh sendiri atau memerlukan intervensi lebih lanjut, kami sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait pertanyaan gendang telinga bolong. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Operasi Gendang Telinga

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penyebab Nyeri di Telinga

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Pertanyaan Seputar Gendang Telinga Tidak Intak

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat