Sperma Keluar Setelah Berhubungan

Info Penanya, pria 30 Tahun

Umur saya 30, 2 kali menikah punya anak satu dgn istri yg pertama, Sekarang saat berhubungan intim dgn istri kedua, knp air mani yg saya keluarin di dalam vagina, setelah V saya di cabut dari vagina kok air maninya ikut keluar juga, sehingga saya khawatir hal itu yg jadi hambatan ketidak hamilan istri saya, padahal sudah 2 tahun menikah. Sedangkan sepengalaman saya dgn istri saya yg pertama, mani yg ada di dalam vagina tidak keluar lagi, dan dgn istri yg pertama saya punya anak 1, Jawabanya....?

06 Sep 2019, 09:22 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada saat hubungan intim mencapai puncaknya, pria akan mengalami ejakulasi, yaitu mengeluarkan cairan mani yang berisi sperma. Apabila ejakulasi dilakukan di dalam, saat penetrasi, sebagian besar cairan mani biasanya akan tertampung di dalam area vagina yang disebut dengan forniks posterior. Sebagian kecil, akan masuk ke leher rahim kemudian naik ke rahim dan saluran telur. Sperma yang naik hingga saluran telur ini dapat membuahi sel telur/ovum apabila waktunya tepat (ketika wanita mengalami ovulasi). 

Sebagian besar cairan mani yang tertampung di forniks posterior akan dengan mudah keluar dari liang vagina wanita apabila bergerak. Jadi, yang Anda alami merupakan hal yang normal. Tidak semua cairan mani yang keluar saat ejakulasi akan masuk ke dalam rahim wanita dan ada sebagian yang sudah masuk ke dalam rahim.

Demikian Penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Sperma Keluar Setelah Berhubungan Intim. Semoga bermanfaat.

06 Sep 2019, 09:22 WIB