Nyeri Kepala dengan Gangguan Penglihatan

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok saya mau bertanya, saya terkadang tiba2 sakit kepala bagian belakang dan terasa sangat sakit mata saya juga menjadi terbatas pandangannya. Mata saya sulit melihat sesuatu dan fokus hingga mata saya terasa gelap dan hitam. Sakit kepala dan mata ini kira2 sudah terjadi 3/4 kali namun tidak terlalu sering. Tolong apa yg harus saya lakukan dok, karena sangat mengganggu dok, terima kasih

06 Sep 2019, 18:32 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sakit kepala dengan gangguan penglihatan bisa saling berkaitan, namun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh dua hal yang berbeda namun terjadi di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, perlu diketahui lebih dalam mengenai kedua keluhan ini, baik dari sakit kepala yang dialami maupun gangguan penglihatan yang dirasakan.

Sakit kepala

Sakit kepala perlu diketahui sejak kapan, apakah mendahului keluhan gangguan penglihatan, bersamaan dengan gangguan penglihatan atau setelah adanya gangguan penglihatan. Lokasi sakit kepala juga sangat penting untuk mengetahui kemungkinan penyebab yang mendasari, apakah ada penjalaran ke lokasi lain. Durasi terjadinya sakit kepala, faktor pemicu maupun yang dapat meringankan sakit kepala, serta skala nyeri yang dirasakan apakah mengganggu aktivitas atau tidak.

Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan juga harus diketahui sejak kapan, apakah semakin berat, apakah terjadi secara mendadak atau perlahan, apakah memiliki riwayat penggunaan kacamata ataupun lensa kontak sebelumnya. Selain itu juga terdapat keluhan gangguan lapang pandang, harus diketahui bagaimana keterbatasan lapang pandang yang dialami, apakah seperti melihat melalui sedotan, atau dalam bentuk lain. Perlu diketahui juga apakah ada gejala lain pada mata yang dirasakan seperti mata merah, berair, kotoran mata, serta keluhan lainnya.

Berdasarkan informasi yang ada, keluhan sakit kepala dan gangguan penglihatan sangat mungkin saling berkaitan seperti pada kasus glaukoma akut dimana terjadi peningkatan tekanan bola mata dan menimbulkan penekanan hingga kerusakan pada saraf mata. Kerusakan pada saraf mata dapat berujung pada gangguan lapang pandang seperti melihat menggunakan sedotan, dimana jelas pada bagian tengah. Karakteristik nyeri pada orang dengan glaukoma akut dapat berupa sakit di sekitar mata hingga ke bagian lain di kepala. Namun untuk memastikannya, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis mata agar dapat diperiksa secara keseluruhan dan memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

06 Sep 2019, 18:32 WIB