Benjolan di Payudara

Info Penanya, wanita 47 Tahun

mau tanya dok, ada benjolan di payudara, apa harus operasi ?

06 Sep 2019, 19:44 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Perlu diketahui jenis benjolan di payudara untuk dapat mengetahui perlu tidaknya tindakan operasi. Untuk dapat mengetahui kemungkinan jenis benjolan yang dialami, dapat diperoleh melalui wawancara medis dan pemeriksaan fisik, serta bila perlu dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG, mamografi atau bahkan pemeriksaan darah berupa tumor marker.

Informasi mengenai benjolan harus diperjelas seperti sejak kapan terdapat benjolan, apakah semakin besar, apakah disertai nyeri, apakah berbatas tegas, apakah dapat digerakkan, apakah mudah luka, apakah berkaitan dengan siklus menstruasi, serta karakteristik lain dari benjolan tersebut. Pada umumnya, benjolan yang pembesarannya lambat dan tidak mengganggu tidak perlu tindakan operasi. Namun pada beberapa kasus dibutuhkan pengambilan jaringan payudara untuk menilai apakah benjolan bersifat jinak atau ganas.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis bedah sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan dan memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

06 Sep 2019, 19:44 WIB