Darah Haid Yang Banyak

Info Penanya, wanita 26 Tahun

dok, syibu dari 2 anak.. setelah kelahiran anak kedua saya pada 29 november 2017 saya menggunakan KB Suntik 3 bulan, dan berhenti suntik sejak desember 2018, lalu saya baru haid di tgl 30 agustus 2019 samapi dengan saat ini. hari ini sudah memasuki haid hari ke 8 , tetapi darah tidak kunjung berhenti. dan darah yg keluar sangat banyak berwarna kehitaman. apakah ini sebagian efek dari Kb atau apa ya dok? mohon penjelasannya dok, terima kasih.

06 Sep 2019, 21:41 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah bertanya seputar masalah darah haid yang banyak dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari. Biasanya setiap menstruasi berlangsung 2-8 hari, dengan jumlah darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari/ atau sekitar 2-3x ganti pembalut. Gangguan siklus menstruasi dapat dari jarak antar siklus, durasi maupun jumlahnya. Jumlah darah pada 1-2 hari pertama memang biasanya lebih banyak, namun jika jumlah darah sangat banyak kemungkinan Anda mengalami menoragia.

Menoragia merupakan suatu kelainan menstruasi dimana perdarahan menstruasi lebih dari 80ml/hari pada siklus yang normal. Timbulnya perdarahan yang berlebihan saat terjadinya menstruasi (menorragia) dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain infeksi saluran reproduksi, gangguan pembekuan darah, kelainan anatomi rahim, kelainan hormon, maupun penggunaan kontrasepsi (KB atau IUD).

Penderita menoragia dapat mengalami beberapa gejala seperti:

  • perlu mengganti pembalut hampir setiap jam selama beberapa hari berturut-turut
  • perlunya mengganti pembalut di malam hari atau pembalut ganda di malam hari
  • menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari
  • darah menstruasi dapat berupa gumpalan-gumpalan darah
  • terdapat tanda-tanda anemia, seperti napas lebih pendek, mudah lelah, pucat, kurang konsentrasi, dll.

Pengobatan menoragia sangat tergantung pada penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan darah, tes pap smear, biopsi dinding rahim, pemeriksaan USG, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan guna mencari tahu penyebab kondisi yang Anda alami.

Berikut ini kami sertakan artikel seputar darah haid yang banyak :

Demikian informasi singkat seputar maslaah darah haid yang banyak, semoga bermanfaat.

Salam.

06 Sep 2019, 21:41 WIB