Penyebab Nyeri Pada Perut Bawah

Info Penanya, wanita 34 Tahun

Dok, mei 2018 saya SC yg ke 3 atas indikasi panggul sempit. Saat post SC yg ke 2, perut kembali datar seperti semula. Saat post SC ke 3 ini, perut gembung. Sejak nifas, tidak ada haid sampai hari ini, tampak ada bengkak di perut kiri bawah, kadang ada nyeri berdenyut, 2 hari yg lalu keluar lendir bening, elastis, banyak seperti saat masa subur. 1 hari yg lalu, perut bagian bawah terasa sakit seperti rahim saat kontraksi ketika akan pecah ketuban, terasa tegang di perut bagian bawah. Saya posisikan berbaring dengan kaki diangkat ke atas bersandar ke dinding, saat ini sudah lebih baik. Hanya saja, keluhan seperti ini apa ada hubungannya dengan kandungan ya dok? Terimakasih.

06 Sep 2019, 21:44 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab nyeri pada perut bawah dengan menggunakan layanan Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti: Apakah nyeri terletak di sisi kiri bawah atau kanan bawah atau keduanya? Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul? Hilang timbul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam atau mual/muntah?  Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya?

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah (khususnya dibawah pusar) dapat disebabkan karena:

  • Gangguan saluran pencernaan. Contohnya sumbatan pada saluran pencernaan, infeksi saluran pencernaan
  • Gangguan sistem reproduksi. Contohnya dysmenorrhea (nyeri ketika menstruasi), hamil, kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), kista ovarium, endometriosis
  • Gangguan saluran kencing. Contohnya : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah.

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Dan diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda. Oleh sebab itu, jika keluhan tersebut semakin mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang sesuai dengan penyebab.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

06 Sep 2019, 21:44 WIB