Nyeri ulu hati disertai sendawa

Dok perut saya sakit bila di tekan dekat ulu hati,saya sering sendawa dan suka makan pedas dulu,apakah itu GERD atau maag ya dok

Lihat Selengkapnya
pria, 16 Tahun06 Sep 2019, 11:14 WIB

dr. Nabila Viera Yovita

Dijawab oleh:

dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri ulu hati disertai sendawa menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berapa usia anda saat ini? Apakah sering telat atau menunda makan? Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan pedas berkontribusi pada meningkatnya asam lambung sehingga merasakan nyeri ulu hati. 

Nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung (maag), penyakit refluks asam lambung ( Gastroesofageal Reflux Disease/ GERD), maupun gejala dari serangan jantung. Pada penyakit GERD selain merasakan nyeri di ulu hati, pasien dapat merasakan dada yang panas seperti terbakar hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) akibat rusaknya klep antar lambung dan esofagus, selain itu pasien dapat pula merasa asam di lidah. Pada serangan jantung memang biasanya gejala yang timbul adalah nyeri dada sebelah kiri seperti ditekan benda berat, tetapi ada juga sebagian pasien yang mengeluhkan nyeri ulu hati lalu nyeri dapat menjalar hingga ke dada bagian belakang atau menjalar ke rahang atau lengan sebelah kiri. Bagaimana keluhan Anda saat ini?

Jika keluhan semakin memberat kami sarankan agar anda mendatangi dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan terapi yang tepat sesuai penyakit yang diderita.

Baca Juga

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri ulu hati disertai sendawa. Semoga bermanfaat. Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Gejala Asam Lambung Naik

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Penyebab beberapa gejala penyakit

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Perih di atas pusar

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Perut tidak enak, mual, lemas

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Perut tidak enak, mual, lemas

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk