Kepala Terasa Pusing Saat Pindah Posisi

Info Penanya, wanita 52 Tahun

Tanggal 20 Agustus, bangun pagi kepala rasa muter muter, mual dan muntah. Bawa ke puskesmas tensi katanya normal ,diberi obat vertigo dan maag, belum juga sembuh ke dokter umum dikasi obat vertigo dan maag tapi beda merek, sekarang sudah bisa aktivitas seperti biasa tapi kalo pindah posisi tidur terasa muter muter dan tidak bisa langsung berdiri,pasti terjatuh, apa yang terjadi pada saya dan apa obatnya?

09 Sep 2019, 08:40 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com'

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Pusing dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya.

Pada saudari terdapat keluhan pusing saat perubahan posisi. Pusing yang anda rasakan ini apakah pusing berputar? Bila iya, menurut kami, anda mengalami Vertigo (BPPV). Penyakit ini memang lebih sering terdapat pada wanita dibandingkan pria. Vertigo terjadi akibat dari perubahan posisi kepala yang cepat dan tiba-tiba, biasanya akan dirasakan pusing yang sangat berat, yang berlangsung bervariasi di semua orang, bisa lama atau hanya beberapa menit saja.

Pasien vertigo akan mengeluh jika kepala berubah pada suatu keadaan tertentu, pasien akan merasa berputar atau merasa sekelilingnya berputar jika akan ke tempat tidur, berguling dari satu sisi ke sisi lainnya, bangkit dari tempat tidur di pagi hari, mencapai sesuatu yang tinggi atau jika kepala digerakkan ke belakang.

Biasanya vertigo hanya berlangsung 5-10 detik. Penderita biasanya dapat mengenali keadaan ini dan berusaha menghindarinya dengan tidak melakukan gerakan yang dapat menimbulkan vertigo. Penderita kadang merasakan lebih baik jika berbaring diam saja. Vertigo dapat berlangsung selama berhari-hari dan disertai dengan mual muntah. Vertigo disebabkan oleh pengendapan kalsium di dalam salah satu alat penyeimbangan di dalam telinga, tetapi sebagian besar penyebabnya belum diketahui hingga sekarang.

Beberapa dugaan yang dikemukakan oleh para ahli adalah, trauma pada alat keseimbangan, infeksi, sisa pembedangan telinga, degenerative karena usai dan kelainan pembuluh darah. Vertigo berbeda dengan dizziness, suatu pengalaman yang mungkin pernah kita rasakan, yaitu kepala terasa ringan saat akan berdiri. Sedangkan vertigo bisa lebih berat dari itu, misalnya dapat membuat kita sulit untuk melangkah karena rasa berputar yang mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Kami sarankan anda konsultasi dengan dokter spesialis saraf atau THT untuk diperiksa lebih lanjut dan dicari penyebab dari gejala yang anda dialami, untuk menyingkirkan kemungkinan lain seperti anemia (kekurangan darah) atau hipotensi orthostatic, sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan kemungkinan penyebab seperti diatas.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu,

09 Sep 2019, 08:40 WIB