Infeksi HPV

Info Penanya, wanita 30 Tahun

Pagi dokter. Saya maw bertanya. Apakah penderika kanker serviks stadium lanjut masih memiliki virus HPV? Apakah cairan dan darah yg keluar dari vagina penderita mengandung HPV? Apakah dari cairan tersebut bisa menulari orang lain? Trimakasih

09 Sep 2019, 09:07 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar infeksi HPV dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Terdapat lebih dari 100 jenis HPV yang ada. HPV-16 atau HPV-18 adalah jenis virus HPV yang memiliki risiko tinggi dan paling banyak ditemukan sebagai penyebab kanker serviks. Sedangkan HPV-6, HPV-11, dan beberapa jenis HPV lainnya memiliki risiko rendah dan biasanya menimbulkan tumor jinak. Berdasarkan risikonya, HPV dibagi menjadi dua:

HPV risiko rendah

Contoh: HPV-1 HPV-6, HPV-11Tumor jinak/ kutil di kulit (veruka vulgaris) atau di kelamin (kondiloma akuminatum)

HPV risiko tinggi

Contoh: HPV-16 dan HPV-18Tumor ganas/kanker: serviks, faring/tenggorokan, mulut

Apabila seseorang terinfeksi virus HPV, maka virus ini tetap akan di dalam tubuhnya. Tapi, tergantung apakah dia berada di "masa tidur" yang mana sewaktu - waktu dapat bangun dan menimbulkan gejala atau sedang bereplikasi / sedang berkembang. Jadi, bagi penderita kanker serviks yang melakukan pengobatan rutin seperti kemoterapi/radiasi/kombinasi keduanya bertujuan untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan dari virus tsb.

Cairan vagina yang keluar dari penderita kanker serviks adalah salah satu media penularan kanker seviks ke orang lain. Perlu diingat bahwa kanker serviks di tularkan melalui hubungan seksual. 

Berikut ini kami sertakan tautan artikel seputar infeksi HPV khususnya kanker serviks yang dapat Anda baca :

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar infeksi HPV, semoga bermanfaat.

Salam,

09 Sep 2019, 09:07 WIB