Nyeri pada Kandung Kemih

Info Penanya, pria 17 Tahun

Permisi dok, kenapa ya saya kalau lagi posisi tiduran dan mau berganti posisi ke duduk itu bagian kantung kemih selalu nyeri perih & ngilu? Penyebabnya apa ya?

09 Sep 2019, 11:18 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami keluhan Anda.

Pada dasarnya, perubahan posisi tidak terlalu berpengaruh pada nyeri pada bagian kandung kemih. Kemungkinan kedua hal tersebut disebabkan oleh hal yang berbeda namun secara kebetulan terjadi bersamaan.

Nyeri pada kandung kemih harus dinilai lebih lanjut, seperti apakah ada faktor pemicu yang dapat menimbulkan gejala nyeri, apakah ada riwayat sering menahan buang air kecil, apakah terdapat gangguan buang air kecil serta berbagai keluhan lain yang mungkin menyertai.

Penyebab tersering nyeri pada bagian kandung kemih adalah kemungkinan terdapatnya infeksi pada saluran kemih. Hal ini dipicu oleh kebiasaan menahan buang air kecil sehingga dapat meningkatkan risiko tumbuhnya bakteri. Namun hal ini harus diperiksa lebih lanjut melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik dan bila perlu pemeriksaan laboratorium untuk menilai kondisi urin sehingga dapat dilihat benar terjadi infeksi atau tidak.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter sehingga dapat memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

09 Sep 2019, 11:18 WIB