Bibir Terasa Kebal Setelah Operasi Gigi bungsu

Info Penanya, pria 26 Tahun

Slamt sore dok snin sore sya mlakukn OP ggi bungsu scra d bius 3x suntikan,stlah OP'a selesai sih enak tpi ada yg mngganjal yaitu bbir sbelah saya msih terasa ba'al atau mati rasa,gigi juga sma mgkin msih pngaruh biusan,tp yg gak enaknya ini di bibir dok..apakah bkal ilang ba'al di bibir sebelahnya..kira² biusan OP ggi bungsu brapa hari pulihnya iya,saya tkut krena SYA bru pertma kali OP gigi mhon infonya dok

10 Sep 2019, 09:48 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar bibir terasa kebal setelah operasi gigi bungsu melalui fitur Tanya Dokter.

Prosedur pengangkatan gigi bungsu merupakan tindakan yang aman dan umumnya jarang menimbulkan efek samping yang serius. Namun, efek samping seperti ba'al atau kebas di sekitar bibir yang Anda rasakan pasca operasi pun biasanya dapat saja terjadi, karena saat pencabutan akan ada beberapa serabut syaraf yang ikut terputus. 

Hal tersebut disebabkan Anatomi gigi yang tidak normal (seperti akar gigi yang menyebar atau melengkung) dan posisi gigi yang terbenam jauh didalam tulang juga dapat berpotensi menyebabkan terjadinya komplikasi ini. Gigi bawah dipersyarafi oleh syaraf mandibular yang bercabang dan letaknya sangat dekat di bawah gigi molar (geraham) bawah.

Sedangkan Syaraf lingual (lingual nerve) mempersyarafi sensasi pada separuh lidah bagian kanan dan kiri serta gusi yang menghadap lidah. Sedangkan syaraf alveolar inferior (inferior alveolar nerve) mempersyarafi gigi belakang pada rahang bawah, serta sensasi pada pipi dan bibir bawah.

Pada saat gigi sedang akan dikeluarkan, bisa saja terjadi trauma pada syaraf tersebut atau bahkan terputus sehingga efeknya akan terasa baal pada lidah dan bibir, terkadang disertai rasa sakit. Kondisi ini disebut parasthesia, yang sifatnya hanya sementara namun ada juga laporan kasus yang menyebutkan kondisi ini terjadi secara permanen. Proses pemulihan dari sel syaraf relatif lebih lambat jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali seperti semula, sekitar 3 hingga 6 bulan.

Dalam waktu seminggu paska pencabutan proses peradangan masih terjadi, sehingga bengkak yang terjadi pada pipi dan sekitarnya mungkin masih menekan syaraf. Untuk membantu mempercepat pemulihan, Anda dapat mengkonsumsi vitamin neurotropik yang dapat Anda beli di apotik, gunakan sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. Bila Anda masih merasa kurang nyaman, ada baiknya Anda kembali lagi ke dokter gigi yang melakukan pencabutan gigi Anda untuk berkonsultasi secara langsung dan bila ada kelainan dapat terdeteksi secara dini. 

Baca juga artikel terkait :

Tips Setelah Operasi Gigi Bungsu

3 Makanan yang Dianjurkan setelah Operasi Gigi Bungsu

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

10 Sep 2019, 09:48 WIB
Tanya Dokter
Gigi Bungsu Tumbuh Dan Terasa Nyeri
Tanya Dokter
Gigi Geraham Tumbuh Miring
Tanya Dokter
Solusi Gigi Bungsu Yang Tumbuh
Tanya Dokter
Gigi Bungsu Berlubang dan Goyang, Ditambal atau Dicabut ?
Tanya Dokter
Gusi Bengkak Karena GIgi Bungsu Tumbuh
Tanya Dokter
Jahitan Lepas Pasca Operasi Gigi Bungsu
Tanya Dokter
sinusitis dan odontektomi
Tanya Dokter
Gigi Bungsu Tumbuh Miring Apa Harus Dicabut Selagi Tidak Sakit?
Tanya Dokter
Menangani Sakit Pada Gigi Bungsu Yang Sebagian Tertutup Gusi
Tanya Dokter
Pasca Operasi Gigi Bungsu