Anak Enggan Minum Susu Formula

Info Penanya, wanita 1 Tahun

Selamat malam dok. Anak saya perempuan berusia 11 bulan 1 minggu. Saat ini beratnya 6.8kg. Anak saya PJB ASD 9,5mm dok. Dan dalam masa observasi dokter jantung serta terus minum obat lisinopril. DSA meresepkan untuk minum susu formula nutricia infatrini. Untuk kuantitasnya 600ml per hari, untuk ASI semaunya bayi aja. Masalahnya, anak sy sama sekali ga mau minum susu formula tsb dok. Sudah sy coba dengan dot, sendok, gelas, dll tetep tdk mau. Tiap mau minum pasti dicium baunya dulu, kalo sufor langsung ndak jadi minum. Dia lebih suka minum asi langsung (tanpa dot) dan suka minum air putih. Disamping itu, makan juga sangat susah dok. 1-5sendok kecil langsung tidak mau lagi. Terakhir berat badan turun 3 ons. Yg sy ingin tanyakan, bagaimana caranya agar anak sy lebih suka minum susu formula daripada ASI ataupun air putih? Lebih baik mana ASi atau susu formula untuk bayi dengan PJB seperti anak saya? Terimakasih

11 Sep 2019, 10:04 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar susu formula pada anak melalui Tanya Dokter Klikdokter.

Perlu dieksplorasi lebih lanjut mengapa anak tidak mau minum susu. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah terdapat alergi susu sapi atau gastrointestinal reflux disease (GERD). Bagaimana bab bayi? Apakah sering gumoh atau muntah? Apakah anak sering rewel, menangis, atau justru ceria? Apakah bayi tiba-tiba tidak mau menyusu, atau disebut 'nursing strike'?

Jangan lupa juga Anda dapat mengejar BB dengan asupan makanan MPASI, yang terpenting adalah asupan makanan yang seimbang dan bergizi dalam setiap menu makanan anak Anda. Asupan yang kami maksud adalah terdapatnya kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Ada baiknya bila Anda memeriksakan anak ke dokter untuk mencari apakah ada gangguan kesehatan yang menyebabkan bayi enggan menyusu atau minum susu formula (seperti GERD).

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar susu formula untuk anak. Semoga bermanfaat.

11 Sep 2019, 10:04 WIB