Nyeri sendi pada penderita diabetes

Info Penanya, pria 49 Tahun

Sore dok saya mempunyai diabet kenapa badan kalou bangun tidur suka sakit semua apalagi yg mau sendi sendi sakit semua minta kejelasannya makasih banyak

12 Sep 2019, 19:09 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri sendi pada penderita diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi ini, yaitu salah satunya peradangan sendi dapat osteo-artritis ataupun reumatoid artritis, namun pada penderita diabetes juga terdapat resiko terjadinya ulkus diabetes namun hal ini biasanya harus didahului oleh adanya luka pada kulit. Namun oleh karena pada penderita diabetes terjadi keadaan neuropathy (kelainan pada saraf) maka ada beberapa penyakit yang dapat muncul.

Beberapa penyakit nyeri sendi yang dapat terjadi pada penderita diabetes adalah : 

1. Charcot joint  (neuropathic athropy) : kelainan sendi akibat kerusakan saraf yang berlanjut, biasanya muncul rasa semutan, bengkak hingga perubahan bentuk.

2. Osteoporosis : Kehilangan masa tulang yang membuat tulang menjadi lemah, terjadi peningkatan resiko patah tulang.

3. Osteo arthritis : perandangan sendi, sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2, oleh karena kondisi obesitas yang tinggi pada penderita diabetes tipe 2, ditandai dengan nyeri, bengkak. 

Oleh karena itu, kami menyarankan agar anda kembali dibawa kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam, sebab untuk mendiagnosa penyakit ini diperlukan pemeriksaan tubuh secara lengkap.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

12 Sep 2019, 19:09 WIB