nyeri perut kiri 12 September 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

nyeri perut kiri

Dok , perut sebelah kiri nyeri di dalam , itu knpa dok...??

Lihat Selengkapnya
pria, 30 Tahun12 Sep 2019, 07:18 WIB

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut kiri melalui fitur Tanya Dokter.

Jika nyeri perut terjadi di bagian kiri atas, bisa jadi Anda terkena gangguan kesehatan di bawah ini:

  • Gastritis dan tukak lambung. Radang lambung (gastritis) dan tukak lambung (peptic ulcer) adalah dua kondisi yang bisa membuat seseorang merasakan nyeri di perut bagian kiri atas. Nyeri yang dirasakan umumnya disertai sensasi penuh (begah) hingga mual muntah. Bahkan, kondisinya bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring pada malam hari.
  • Radang kelenjar pankres. Kondisi ini juga disebut sebagai pankreatitis. Coba ingat-ingat ingat lagi, apakah nyeri perut yang mengusik Anda sampai menjalar ke punggung. Jika ya, dr. Sepriani mengatakan bahwa ada probabilitas Anda terkena penyakit ini. Kecurigaan menguat jika Anda sampai mengalami demam tinggi. Jika mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter karena penyakit ini tergolong berbahaya.
  • Serangan jantung (angina). Kemungkinan lain penyebab sensasi nyeri perut bagian kiri atas adalah serangan jantung atau angina. Gejala utamanya adalah nyeri dada sebelah kiri yang menjalar ke lengan kiri, dan disertai sesak napas serta keringat dingin.¬†Sayangnya, pada sebagian orang angina tidak memiliki gejala yang khas dan malah dirasakan di bagian perut sebelah kiri.
  • Masalah di paru. Gangguan pada paru dan selaput paru seperti infeksi, juga bisa menciptakan keluhan sakit pada perut sebelah kiri bagian atas. Kondisi ini juga turut disertai demam atau nyeri saat bernapas.
  • Radang usus besar, juga dikenal sebagai kolitis, penyakit ini memberikan gejala berupa nyeri perut kiri bagian bawah, kondisi buang air besar yang tidak normal (diare ataupun sembelit) dan nyeri, kembung, dan sering kentut.

  • Penyakit ginjal. Jika nyeri perut disertai nyeri pinggang, sulit buang air kecil, serta urine berwarna merah, bisa jadi Anda mengalami batu ginjal. Sedangkan, jika yang Anda rasakan adalah sakit perut yang diikuti dengan demam, bisa jadi itu adalah infeksi ginjal.

  • Kista ovarium. Ketika indung telur sebelah kiri ditumbuhi benjolan, salah satu gejala yang dapat Anda rasakan adalah nyeri perut sebelah kiri yang menjalar sampai ke pangkal paha.

Namun untuk mengetahui penyebab keluhan anda lebih detail, segera periksakan diri anda dengan dokter spesialis penyakit dalam guna penatalaksanannya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Baca Juga

Terima kasih, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

sakit bagian lambung

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Nyeri pada Kandung Kemih

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Nyeri Perut Pasca Kuret

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Penyebab Nyeri Pada Perut Bawah

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Nyeri Perut Akibat Terlambat Makan

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat