Mengatasi Nyeri Pada Punggung Bawah dan Tumit

Info Penanya, pria 36 Tahun

Keluhan saya dok, punggung bgian bawah dan Tumit kanan sering sakit

13 Sep 2019, 10:24 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar nyeri pada punggung dan tumit dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Keluhan nyeri pada punggung merupakan keluhan yang umum ditemui. Namun penyebab nyeri tersebut dapat sangat bervariasi, mulai dari gangguan pada tulang belakang sampai dengan gangguan pada organ dalam perut.

Nyeri pada daerah tulang belakang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling sering ditemukan adalah terjadinya nyeri yang diakibatkan oleh ketegangan otot, yang dapat hilang dengan istirahat. Adapun, beberapa penyebab nyeri punggung lainnya yang dapat terjadi mencakup:

Herniasi Nukleus Pulposus (HNP)

Tulang belakang manusia memiliki bagian bantalan antar tulang (diskus intervertebra). Bantalan antar tulang belakang ini memiliki komponen inti berupa nukleus pulposus yang dapat keluar karena adanya insiden, misalkan pada penggunaan beban yang berlebihan. Keluarnya nukleus pulposus dapat menyebabkan penekanan pada serabut saraf dan bedampak pada keluhan sakit punggung.

Spondilolistesis

Spondilolistesis adalah pergeseran dari tulang belakang. Tulang belakang manusia seharusnya saling menumpuk satu di atas yang lainnya. Pergeseran tulang belakang ini dapat terjadi karena berbagai hal, misalkan terjadinya trauma atau cedera pada tulang belakang. Penderita spondilolistesis akan mengeluhkan adanya sakit pada punggung.

Batu Saluran Kemih

Selain kelainan pada struktur tulang belakang, salah satu penyebab sakit punggung adalah adanya sumbatan pada saluran kencing. Sumbatan pada saluran kencing akan menyebabkan keluhan sakit pada daerah perut dan pinggang yang hebat atau biasa disebut kolik abdomen.

Untuk mengatasi nyeri punggung bawah, yang dapat dilakukan antara lain :

1. mengoleskan krim untuk otot

2. hindari memijat karena dapat memperparah kondisi otot

3. berolahraga secara rutin dan melakukan stretching

4. hindari duduk terlalu lama

5. perhatikan posisi tubuh saat mengangkat benda

6. pertahankan berat badan di angka normal untuk mempertahankan postur tubuh, jika Anda memiliki berat badan berlebih turunkan berat badan Anda.

 

Sedangkan untuk masalah nyeri pada tumit, umumnya dapat terjadi karena adanya kerusakan atau penebalan pada kumpulan jaringan yang terdapat di kaki. Kondisi ini disebut sebagai fascia plantar.

Untuk mengatasi nyeri pada tumit Anda dapat melakukan :

1. Istirahat

2. Kompres es

3. Mengkonsumsi obat anti nyeri seperti asam mefenamat maupun natrium diklofenak

4. Perhatikan pemilihan alas kaki. Gunakan alas kaki yang nyaman, tidak sesak. Pastikan memiliki bantalan yang nyaman untuk kaki Anda

 

Berikut ini kami sertakan artikel yang dapat menambah wawasan Anda :

Mengingat pentingnya wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis, kami menyarankan Anda untuk tetap berkonsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung, guna menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

13 Sep 2019, 10:24 WIB