Kekakuan Pada Sendi

Info Penanya, wanita 54 Tahun

Soal Kaku jari tangan, menjawab pertanyaan dokter soal buku jari saya yang kaku, Yang ada hanya rasa kaku umumnya di bagian punggung, terutama pagi hari saat bangun tidur, tidak ada demam, tidak ada kemerahan. Kekakuan tidak lsampai 30 menit, setelah stretching biasanya hilang. tetapi butuh waktu agak lama untuk menjadi lebih lemas. tidak ada riwayat trauma/cedera pada jari tangan saya. dan tidak ada kaku dirasakan pada sendi lainnya, pernah konsultasi dengan dokter, hanya dikatakan karena usia? terimakasih sebelumnya dok.

13 Sep 2019, 10:46 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah kekakuan pada sendi dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pada usia lanjut, kekakuan sendi sangat sering dikeluhkan karena ada beberapa penyebab :

  • Pengapuran sendi (osteoartritis)
  • Rematik (rheumatoid artritis)
  • Rematik gout/asam urat (artritis gout)
  • Rematik infeksi (artritis septik)

Melihat keluhan yang Anda ceritakan seperti kekakuan yang berlangsung < 30 menit, tidak ada bengkak maupun kemerahan, kemungkinan besar disebabkan oleh pengapuran (osteoartritis/OA). Kondisi ini banyak dialami oleh orang - orang yang berusia lanjut, lebih banyak di alami oleh wanita, ada riwayat keluarga yang memiliki gejala serupa, dan memiliki berat badan yang berlebihan.

Pengobatan untuk kondisi ini ada beberapa pilihan, seperti fisioterapi, penyuntikan cairan sendi, menggunakan obat - obatan untuk mengurangi nyeri dan kekakuan, dan jika sudah semakin parah tindakan penggantian sendi dapat dilakukan. 

Untuk pilihan terapi tentunya harus disesuaikan dengan kondisi Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis orthopedi (bedah tulang) untuk memastikan diagnosis dan pilihan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar masalah kekakuan pada sendi, semoga bermanfaat.

Salam,

13 Sep 2019, 10:46 WIB