Mengatasi Kulit Sensitif Akibat Gigitan Nyamuk

Info Penanya, pria 47 Tahun

Assalamu'alaikum Wr Wb, Dok keluhan saya, aku punya kulit sensitif sekali apabila digigit Nyamuk atau kena benda apapun musti Bentol ataupun tergores, akhir" ini habis dari Umroh kok muncul putih" kecil terus seperti kebakar coklat setelah itu, mengkelupas terus mbekas kemudian putih permanen, diobati khusus obat kulit tidak berubah, terima kasih atas perhatihannya . . .

13 Sep 2019, 17:05 WIB
dr. Theresia Rina Yunita
dijawab oleh: dr. Theresia Rina Yunita

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter dari klikdokter. 

Perlu diketahui bahwa penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. Untuk saat ini, kami menduga kemungkinan "prurigo" sebagai diagnosis keluhan kulit yang Anda alami. Keadaan ini dapat dialami setiap orang dalam segala usia, namun paling sering ditemukan pada kisaran usia 20-60 tahun.

Penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen),  faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.

Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lainFaktor hormon / endokrinAlergi makanan dan obatInfeksi: tonsilitis dan sinusitis kronikAnemia kekurangan zat besi, danHingga 80% penderita prurigo memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.Penderita prurigo biasanya memiliki kecenderungan alergi. Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Berikut kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini:

Pilih sabun bayi yang mengandung banyak pelembab

Gunakan pelembab pada kulit

Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Jagalah kesehatan kulit Anda agar tidak timbul prurigo kembali, antara lain dengan memerhatikan faktor-faktor di atas yang diduga berpengaruh. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Apabila merasa sangat terganggu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi anti alergi.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

13 Sep 2019, 17:05 WIB